Proenca terpilih pimpin laga final

Jum'at, 29 Juni 2012 - 18:48 WIB
Proenca terpilih pimpin laga final
Proenca terpilih pimpin laga final
A A A
Sindonews.com - Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA) telah mengumumkan wasit yang akan memimpin pertandingan final Piala Eropa 2012 antara Spanyol menghadapi Italia di stadion Olimpiade, Kiev, Ukraina. Adalah Pedro Proenca asal Portugal, Jumat (29/6/2012).

Di final Piala Eropa 2012, Proenca akan dibantu Bertino Miranda dan Ricardo Santos, serta Cüneyt Cakir yang bertindak sebagai offisial keempat.

Proenca tercatat dua kali memimpin pertandingan besar di laga final. Yang terakhir Proenca memimpin pertandingan final Liga Champions 2011/2012 antara Chelsea menghadapi Bayern Munchen yang berakhir dengan drama adu penalti.

Diketahui, Wasit kelahiran Lisbon 41 tahun silam ini menjadi wasit FIFA yang terdaftar pada tahun 2003, hanya lima tahun setelah ia mulai memimpin pertandingan di tingkat atas sepakbola Portugal. Dia lalu bergeser ke wasit internasional, mengambil alih tiga pertandingan di tahun 2004 U-19 Championships, termasuk final antara Turki dan Spanyol.

Pria yang berprofesi penasihat keuangan ini setelah memimpin pertandingan pertama Liga Champions pada 2007, dua tahun kemudian ia dipromosikan menjadi kategori Elite UEFA.

Sebagai khas wasit Portugal, Proenca sangat ketat dan tidak khawatir tentang jalannya permainan. Jika dia merasa otoritasnya sedang dipertanyakan, ia akan mulai mengayunkan kartu kuning. Pemain akan harus sangat hati-hati di sekitarnya, jika tidak mereka akan berisiko menonton timnya dari tepi lapangan. (Bro)
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7582 seconds (0.1#10.140)