Bungkam Carreno Busta, Kevin Anderson Cetak Sejarah Tenis Afsel

Sabtu, 09 September 2017 - 07:45 WIB
Bungkam Carreno Busta, Kevin Anderson Cetak Sejarah Tenis Afsel
Bungkam Carreno Busta, Kevin Anderson Cetak Sejarah Tenis Afsel
A A A
NEW YORK - Kevin Anderson mencatat sejarah baru untuk tenis Afrika Selatan. Sosok kelahiran Johannesburg, Afrika Selatan (Afsel), 18 Mei 1986, itu menjadi petenis Afsel pertama dalam 30 tahun yang lolos ke final AS Terbuka.

Anderson harus memeras keringat untuk menyingkirkan pesaingnya asal Spanyol, Pablo Carreno Busta, pada semifinal di Arthur Ashe Stadium, New York, Jumat (8/9/2017) atau Sabtu (9/9/2017) pagi WIB. Sempat tertinggal 4-6 di set pertama, namuan Andeerson bangkit dan menang 7-5, 6-3, 6-4 di tiga set berikutnya.

Anderson juga tercatat sebagai pemilik peringkat terendah (32 dunia) pertama yang lolos ke final tunggal putra sejak pemeringkatan tenis dimulai pada 1973. Torehan terbaik Anderson di AS Terbuka pada edisi 2015, lolos ke perempat final sebelum dihentikan Stan Wawrinka.

Anderson mengikuti jejak Kevin Curren, yang mencapai final Wimbledon 1985 tiga bulan setelah menjadi warga negara AS, dan Johan Kriek, yang membuat final AS Terbuka pada tahun 1980. Kedua pria itu bermain di semifinal Grand Slam pertama mereka setelah melewati setengah bagian bawah undian.

Di final, Minggu (19/9/2107) waktu New York, Anderson akan menghadapi petenis nomor satu dunia Rafael Nadal atau unggulan ke-24 Juan Martin del Potro dari Argentina yang saat ini tengah bertarung.

Kebahagiaan terpancar di wajah Anderson seusai membungkam Carreno Busta. Setelah meraih match point, Anderson langsung merayakan suksesnya bersama keluarga dan timnya. "Saya tidak tahu apakah pelukan tim tepat setelah laga semifinal, tapi rasanya hal itu benar untuk dilakukan," katanya di lansir BBC.

"Grand Slam ini sungguh sulit, kami berhadapan dengan beberapa pemain terbaik dalam sejarah dan bagus sekali mereka memberi kami kesempatan."
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5531 seconds (0.1#10.140)