Penutup Gorong-gorong SIC Penyebab Kecelakaan Grosjean

Sabtu, 30 September 2017 - 12:09 WIB
Penutup Gorong-gorong SIC Penyebab Kecelakaan Grosjean
Penutup Gorong-gorong SIC Penyebab Kecelakaan Grosjean
A A A
Bos tim Haas Guenther Steiner membeberkan penyebab kecelakaan yang menimpa Romain Grosjean saat menjalani latihan bebas kedua di Sepang International Circuit (SIC), Jumat (29/9/2017). Dari beberapa data yang terkumpul menyimpulkan ban kanan belakang yang robek setelah pilot jet darat asal Swiss itu melakukan kontak dengan penutup gorong-gorong.

Insiden itu terjadi tepat di tikungan ke-14. Akibatnya, Grosjean terlempar ke luar lintasan dan menabrak dinding pembatas. Beruntung, pembalap tidak mengalami luka serius.

Pasca sesi latihan bebas kedua selesai, petugas SIC bekerja keras untuk menutup saluran pembuangan untuk memastikan tidak ada pengulangan yang terjadi pada latihan bebas ketiga (FP3) dan kualifikasi, Sabtu (30/9/2017). Terlepas bagaimana pengelola merespon kecelakaan yang melibatkan Grosjean, namun Steiner mengatakan bahwa situasi seperti ini seharusnya tidak pernah terjadi.

"Dari sudut pandang Grosjean baik-baik saja, syukurlah dia tidak terluka apapun. Menurut saya, seharusnya hal seperti ini tidak terjadi di sirkuit manapun pada tahun 2017," ungkap Steiner seperti dikutip dari Planetf1.

Steiner menambahkan SIC dinilai tidak sesuai dengan standar. Sejauh ini pihaknya belum membicarakan mengenai hal itu, namun ia hanya memberikan saran agar masalah ini tidak terulang lagi pada balapan berikutnya.

"Jika masalah ini terus terulang, maka balapan ini (Formula 1) akan menjadi bencana yang lebih besar," tutur Steiner.

(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6591 seconds (0.1#10.140)