Bukan Guardiola Tapi Van Gaal Sosok Berpengaruh dalam Karier Iniesta

Jum'at, 11 Mei 2018 - 18:21 WIB
Bukan Guardiola Tapi Van Gaal Sosok Berpengaruh dalam Karier Iniesta
Bukan Guardiola Tapi Van Gaal Sosok Berpengaruh dalam Karier Iniesta
A A A
BARCELONA - Andres Iniesta sudah memastikan akan meninggalkan Barcelona akhir musim ini. Sejumlah prestasi pun pernah direngkuh Iniesta bersama Blaugrana. Lalu siapa pelatih yang dianggap berpengaruh dalam kariernya?

Sepanjang pengabdianya di Barcelona, Iniesta yang tahun ini sudah memasuki usia 34 tahun itu telah banyak ditangani pelatih top. Tapi, dari deretan juru taktik, Iniesta mengaku kesengsem dengan Loius van Gaal.

Pemain yang selama ini dipercaya sebagai kapten tim itu mendapatkan kepercayaan van Gaal untuk mengawali debutnya pada musim 2002. Momen itulah yang menurut Iniesta menjadi titik awal ia tampil sebagai pemain profesional.

Bagaimana dengan Pep Guardiola? Lewat besutannya, Iniesta juga berhasil mengembangkan diri sebagai jenderal lapangan tengah. Bahkan gelar bergengsi di kala itu berhasil disabet Barcelona, treble winner di musim 2008/20009.

Mendapatkan tuntutan meraih prestasi di dalam negeri dan Eropa membuat manajemen Barcelona terus menggonta-ganti pelatih. Sebelum dikendalikan Ernesto Valverde di musim ini, Barcelona mendapatkan sentuhan Luis Enrique.

Menurut Iniesta, kedua sosok ini mempunyai kesan tersendiri. Enrique disebut teman yang baik. Sedangkan Valverde sangat bijak dalam mengasuh para pemain.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8704 seconds (0.1#10.140)