Maksimalkan Darah Muda The Three Lions Melaju ke Semifinal

Senin, 09 Juli 2018 - 14:30 WIB
Maksimalkan Darah Muda...
Maksimalkan Darah Muda The Three Lions Melaju ke Semifinal
A A A
SAMARA - Kegemilangan Inggris yang melaju ke semifinal Piala Dunia untuk pertama kalinya dalam 28 tahun membangkitkan optimisme publik. Kepiawaian Pelatih Gareth Southgate menjadikan pemain muda sebagai tulang punggung The Three Lions menuai banyak pujian. Southgate memang terbilang berani dalam menentukan komposisi pemain, terutama di sektor belakang.Dia mengubah pakem empat pemain bertahan dengan menempatkan tiga bek yang berisikan muka-muka baru, yakni Harry Maguire, John Stones, dan Kyle Walker. Kombinasi mereka bersama Ashley Young, Kieran Trippier, plus penjaga gawang Jordan Pickford juga sangat mengesankan. Berbagai keraguan publik perlahan berubah. Strategi yang diterapkan Southgate terbukti jitu.
Pertahanan Inggris terbilang sangat kukuh dan sulit ditembus lawan hingga mereka melaju ke babak semifinal. Hal itu membuat nama-nama berpengalaman seperti Gary Cahill dan Phil Jones harus mengantre di bangku cadangan. Kepercayaan besar Southgate terhadap pemain-pemain muda merupakan terobosan baru. Maklum, pelatihpelatih Negeri Ratu Elizabeth II sebelumnya cenderung lebih memprioritaskan pemain senior yang memiliki jam terbang. Menurut Southgate, Inggris memiliki banyak talenta berbakat dan itu diketahuinya sejak menangani tim November 2016. Karena itu, dia menilai usia muda tidak menjadi halangan untuk tampil oke. Mereka justru menjadi senjata yang mumpuni.

”Kami telah memainkan beberapa pemain yang perjalanan kariernya di klub tidak terlalu menonjol dalam beberapa tahun terakhir. Namun, kami percaya dengan kemampuan mereka. Kami percaya bahwa mereka bisa bermain di level tertinggi,” ujar Southgate, dilansir Dailymail.

Bagusnya kinerja Inggris di bawah komando Southgate membuat Federasi Sepak Bola Inggris (FA) terkesan. Meski masih terikat kontrak empat tahun, mereka berharap sang bos mau memimpin Tiga Singa hingga Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar. Sebagai bentuk keseriusannya, FA siap menaikkan gaji Southgate yang saat ini berpenghasilan 1,8 juta poundsterling per tahun.

Bukan hanya Southgate, Dan Ashworth yang menjabat sebagai direktur teknik juga ingin dipertahankan. Mereka enggan kehilangan Ashworth yang merupakan otak di balik keberhasilan Inggris menjuarai Piala Dunia U-20 dan U-17 tahun lalu. Terlepas dari rencana FA memperbaharui kontraknya, Southgate memilih berkonsentrasi kepada persiapan timnya yang akan berhadapan dengan Kroasia pada babak semifinal di Luzhniki Stadium, Rabu (11/7). Southgate tidak hentihentinya memberikan motivasi kepada para pemain. Dia mengatakan bahwa Inggris harus mempertahan kan apa yang telah diraih sejauh ini sekaligus menunjukkan performa terbaik agar impian meraih gelar juara dunia untuk kedua kalinya setelah 1966 bisa terwujud.

”Saya mengatakan kepada semua pemain jika Anda sukses bersama Inggris pada Piala Dunia 2018, hal itu adalah kesuksesan yang jauh lebih besar ketimbang apa yang mereka raih dengan klub. Meraih gelar juara bersama tim nasional merupakan sebuah kebanggaan besar,” pungkas Southgate.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2056 seconds (0.1#10.140)