Main Lima Laga, Olivier Giroud Belum Mencetak Gol

Senin, 09 Juli 2018 - 15:02 WIB
Main Lima Laga, Olivier...
Main Lima Laga, Olivier Giroud Belum Mencetak Gol
A A A
SAINT PETERSBURG - Tugas seorang penyerang adalah mencetak gol untuk tim. Jika tidak, posisinya bisa terancam dengan rekannya. Namun, persyaratan itu tampaknya tidak berlaku untuk Olivier Giroud pada Piala Dunia 2018.
Dalam lima laga di Rusia, Giroud selalu tampil bersama Prancis, termasuk sebagai starter dan tak tergantikan pada empat pertandingan terakhir. Namun, dari total 380 menit yang sudah dilakoninya, statistiknya tak terlalu istimewa. Dia belum mampu mencetak satu gol pun ke gawang lawan. Penyerang Chelsea itu hanya baru menghasilkan satu assist untuk Kylian Mbappe saat melawan Argentina. Bukan hanya urusan gol, Giroud bahkan tak mampu melepaskan tembakan tepat sasaran selama mendapatkan kesempatan tampil di atas lapangan. Catatan ini tentu sangat buruk bagi seorang striker berkelas dunia.

Akan tetapi, dia mengaku tak mempermasalahkan hal tersebut dan lebih mementingkan tim bisa merebut kemenangan. “Saya coba membuat celah dan bermain untuk rekan saya. Saya juga terlibat dalam tiga gol Prancis. Saya tidak frustrasi, tapi saya berharap giliran saya (mencetak gol) datang. Jika kami menang dan saya tidak mencetak gol, saya tidak mempermasalahkannya. Tetapi, jika saya memiliki kesempatan, saya tidak akan mempermalukan diri saya sendiri,” kata Giroud, dilansir Leprogres. Pelatih Prancis Didier Deschamps juga tidak mempermasalahkan Giroud belum mencetak gol pada Piala Dunia 2018.

Dia mengatakan, peran pemainnya ini bukan sekadar dari catatan gol, melainkan penyerang berusia 31 tahun itu memiliki tugas yang tidak sedikit di setiap permainan Les Blues. Hal tersebut yang membuat Deschamps masih memercayakannya tampil sejak menit pertama. “Memang benar jika Giroud belum mencetak gol. Dia bukan seorang penyerang flamboyan seperti yang dimiliki tim lain. Akan tetapi, Prancis membutuhkan Giroud di setiap laga. Dia telah berkontribusi dalam banyak hal untuk kami,” ucap Deschamps.

Bukan hanya itu, Deschamps juga mengatakan bahwa peran Giroud tidak hanya ketika menyerang, tetapi menjadi orang pertama yang harus bertahan. Bahkan, mantan penyerang Arsenal ini adalah pemain penting dalam skema permainan Prancis. "Dia melakukan banyak hal untuk membuat tim ini seimbang dan dia tidak mengeluh dengan peran yang saya berikan di lapangan,” ujar Deschamps.

Sejak debut pada 2011 Giroud sudah bermain 79 kali dan mencetak 31 gol. Pemain berpostur tubuh 193 cm ini menyamai catatan Zinedine Zidane dan menempati peringkat keempat daftar pencetak gol terbanyak Prancis sepanjang sejarah. Apalagi, dia menjadi salah satu pemain tertua di skuad Prancis di Rusia. Namun, itu bukan masalah baginya.

“Saya merasa sangat baik di tim muda ini. Saya merasa seperti seorang kakak. Saya dipaksa untuk berbicara. Ini adalah momen yang unik dan setelah itu saya tidak bisa bermain video game , tetapi kami bersenangsenang bersama para pemain ini,” ungkap Giroud.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1296 seconds (0.1#10.140)