Rekor Kemenangan Beruntun Persib Terhenti di Markas Bali United

Kamis, 28 November 2019 - 23:35 WIB
Rekor Kemenangan Beruntun Persib Terhenti di Markas Bali United
Rekor Kemenangan Beruntun Persib Terhenti di Markas Bali United
A A A
GIANYAR - Persib harus mengakui keunggulan Bali United 2-3 pada laga pekan ke-29 Liga 1 2019 yang digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, Kamis (28/11/2019) malam. Kekalahan ini mengakhiri catatan tak terkalahkan Persib dalam tujuh pertandingan terakhir.

Gol Serdadu Tridatu dicetak melalui bunuh diri Supardi Nasir Bujang menit 56, Ilija Spasojevic (74), dan Stefano Lilipaly (79). Sedangkan gol Pangeran Biru dicetak Kim Jeffrey Kurniawan pada menit 45+3 dan Frets Listanto Butuan menit 60.

Di awal pertandingan, Persib sempat kesulitan melakukan penguasaan bola. Tuan rumah tampil sangat solid dalam membangun serangan. Beberapa kali, Bali United mengancam gawang I Made Wirawan lewat Paolo Sergio dan Ilija Spasojevic. Namun, disiplinnya barisan pertahanan Maung Bandung membuat Serdadu Tridatu belum bisa membuka keunggulan.

Pada menit 18, Febri Hariyadi mendapatkan umpan terobosan manis. Kecepatannya sempat membuat lini belakang Bali United kocar-kacir. Alhasil, bek Bali United, Leonard Tupamahu terpaksa menjatuhkan Febri. Wasit Aprisman Aranda yang bertugas malam itu langsung menghadiahi kartu kuning buat Leo.

Penyerang asal Chad, Ezechiel N’Douassel tampak kesulitan menembus sektor pertahanan tuan rumah. Ia harus jatuh bangun untuk memenangi duel-duel udara. Tapi sayang, sekalipun banyak umpan silang yang mengarah kepada N’Douassel, bola masih dapat dihalau bek Bali United.

Memasuki menit 29, tempo permainan sedikit melambat. Kedua kesebelasan lebih banyak terlibat duel di sektor tengah. Tapi N’Douassel mampu lepas dari kawalan. Aksi individunya di area kotak penalti Bali United berakhir dengan tembakan keras. Kurang beruntung, bola masih dapat ditepis Wawan Hendrawan.

Lagi-lagi, Persib mendapatkan peluang emas pada menit ke-32. Kali ini lewat pemain asal Ternate, Frets Listanto Butuan. Setelah meliuk-liuk melewati dua bek Bali United, tendangan kaki kanannya dapat diblok dengan baik. Belum ada perubahan di papan skor.

Gol yang ditunggu-tunggu bobotoh akhirnya datang di menit 48. Bola liar di area kotak penalti Bali United disambar Kim Jeffrey Kurniawan. Gol tersebut sekaligus menjadi penutup babak pertama pertandingan Persib kontra Bali United di Stadion Kapten I Wayan Dipta malam ini.

Di babak kedua, Bali United langsung mencoba menggempur lini pertahanan Persib. Hasilnya, di menit 51, sundulan Spaso yang berdiri tanpa pengawalawan nyaris menjadi gol penyama kedudukan. Beruntung, Made berhasil menghentikan bola.

Malapetaka datang menghampiri PERSIB. Di menit 53, Kuipers dianggap melakukan handsball. Wasit pun menunjuk titik putih. Akan tetapi, Spaso yang bertugas sebagai eksekutor penalti gagal menceploskan bola ke dalam gawang Pangeran Biru. Bola sempat diselamatkan Made dan berbuah rebound. Tapi sayang, Supardi Nasir yang berniat membuang bola justru menjebol gawang sendiri di menit 56.

Skor imbang 1-1 tak bertahan lama. Pada menit 60, PERSIB mampu memimpin untuk kedua kalinya. Kali ini giliran Frets sukses menyelesaikan umpan manis Omid Nazari dari sisi kanan.

Demi mempersegar lini depan, Robert melakukan pergantian pemain di menit 67. Esteban Vizcarra masuk menggantikan Frets Butuan.

Memasuki menit 70, Serdadu Tridatu tampil semakin ofensif dengan memasukkan Fahmi Al Ayyubi yang menggantikan Yabes Rony. Tapi Maung Bandung terus berusaha untuk bermain aman dan memperlambat tempo permainan.

Akan tetapi, upaya Spaso di menit 74 akhirnya membuahkan hasil. Tendangan backheel-nya di area kotak penalti PERSIB berhasil menaklukkan Made. Skor berubah menjadi 2-2 dan pertarungan semakin seru.

Dua menit kemudian, giliran Kim Kurniawan yang ditarik keluar yang digantikan Kevin van Kippersluis. Di saat PERSIB asyik menyerang untuk mencari gol ketiga, Bali United justru mampu memanfaatkan peluang di menit 79. Operan jarak jauh dari Wawan Hendrawan diselesaikan dengan baik oleh Stefano Lilipaly dan tak mampu dibendung Made. Bali United kini unggul 3-2.

Hariono menjadi pemain pengganti terakhir Persib. Ia hadir untuk menggantikan Dedi Kusnandar yang bertugas sebagai jenderal lapangan tengah pada menit 81.

Tensi pertandingan pun semakin memanas. Alhasil, pada menit 88 N’Douassel dan Tupahamu terlibat duel yang membuat keduanya harus menerima kartu kuning kedua. Pertandingan pun harus berlanjut dengan 10 lawan 10.

Nick Kuipers cs sempat mencoba mencari gol penyama kedudukan di sisa waktu babak kedua. Namun, tak ada tambahan gol yang tercipta sampai dengan wasit Aprisman meniupkan peluit panjang. Tren tujuh pertandingan tanpa pertandingan tanpa kekalahan Maung Bandung pun terhenti di Pulau Dewata.

Susunan Pemain

Bali United (4-2-3-1): 59-Wawan Hendrawan; 33-Andika Wijaya, 43-Wilian Pacheco, 32-Leonard Tupamahu, 24-Ricki Fajrin; 14-Fadil Sausu (Kadek Agung 85’), 6-Brwa Nouri; 11-Yabes Roni (Fahmi Alayyubi 69’), 80-Paulo Sergio, 87-Stefano Lilipaly; 9-Illija Spasojevic
Pelatih: Stefano Cugurra

Persib Bandung (4-4-2): 78-I Made Wirawan; 22-Supardi Nasir, 12-Henhen Herdiana, 2-Nick Kuipers, 3-Ardi Idrus; 13-Febri Hariadi, 91-Omid Nazari, 11-Dedi Kusnandar (Hariono 81’), 23-Kim Kurniawan (Kevin van Kippersluis 76’); 21-Fretz Butuan (Esteban Vizcarra 67’), 10-Ezechiel N’Douassel
Pelatih: Robert Alberts
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5652 seconds (0.1#10.140)