Hasil Investigasi Sementara: Helikopter Kobe Bryant Tak Alami Kerusakan Mesin

Sabtu, 08 Februari 2020 - 17:01 WIB
Hasil Investigasi Sementara: Helikopter Kobe Bryant Tak Alami Kerusakan Mesin
Hasil Investigasi Sementara: Helikopter Kobe Bryant Tak Alami Kerusakan Mesin
A A A
CALIFORNIA - Invesigasi penyebab kecelakaan helikopter yang ditumpangi Kobe Bryant dan putrinya bulan lalu memasuki babak baru. Pihak berwenang membuat temuan dan menyebut tidak ada kerusakan mesin.

Helikopter jenis Sikorsky S-76B yang mengangkut Kobe dan putrinya, Gigi -serta 7 korban lain, jatuh di perbukitan California, 16 Januari 2020 lalu. Tidak ada yang selamat dari peristiwa tersebut, dan penyebab kecelakaan masih diselidiki.

Badan Keselamatan Transportasi Nasional (NTSB) yang memimpin investigasi penyebab kecelakaan itu menyimpulkan bahwa dua mesin heli tidak mengalami kerusakan. Laporan sementara juga menyebut bahwa penyebab jatuhnya heli adalah rotasi baling-baling yang tidak sempurna.

Anggota NTSB, Jennifer Homendy dikutip Reuters, mengungkapkan, dua hari setelah peristiwa itu fokus penyelidikan adalah mencermati kondisi cuaca ketika heli terjatuh. Homendy dan pihaknya berkesimpulan bahwa cuaca berkabut dan jarak pandang terbatas ikut jadi faktor kecelakaan.

Menurut NTSB, pilot Ara Zobayan yang menerbangkan helikopter sempat menghubungi menara pengawas ketika meminta izin menambah ketinggian heli untuk menghindari kabut. Sayangnya, dalam laporan itu disebutkan, Ara menggunakan visual manual, padahal dalam kondisi seperti itu sang pilot seharusnya dipandu instrumen pesawat.

Saksi yang melihat dan merekam peristiwa jatuhnya helikopter itu membenarkan bahwa cuaca dalam kondisi berkabut. NTSB mengakatakan bahwa kesimpulan akhir dari investigasi penyebab kecelakaan ini akan dirilis 12 hingga 18 bulan ke depan. (Baca juga: Tim Penyelidik Temukan Informasi Penting Penyebab Jatuhnya Helikopter Bryant )
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5897 seconds (0.1#10.140)