Hadapi Piala Dunia Basket, Indonesia Punya Wacana Naturalisasi Pemain

Selasa, 18 Februari 2020 - 20:05 WIB
Hadapi Piala Dunia Basket, Indonesia Punya Wacana Naturalisasi Pemain
Hadapi Piala Dunia Basket, Indonesia Punya Wacana Naturalisasi Pemain
A A A
JAKARTA - Indonesia menjadi salah satu tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia Basket FIBA 2023, bersama Filipina dan Jepang. Agar bisa meraih hasil yang diharapkan, persiapan matang akan segera dilakukan, termasuk kemungkinan menaturalisasi pemain.

Menteri Pemudah dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan akan segera melakukan persiapan untuk menghadapi turnamen tersebut. Pasalnya, program ini memang perlu dilakukan sejak jauh-jauh hari.

“Berbagai fasilitas sarana prasarana yang harus kita siapkan. Baik untuk venue pertandingan atau hal-hal lain yang di luar pertandingan, misalnya akomodasi, transportasi, dan berbagai hal,” katanya setelah mengikuti rapat terbatas di Kantor Presiden, Selasa (18/2/2020).

Amali menegaskan bukan hanya sarana prasarana saja yang harus dipersiapkan, tapi juga tim nasional bola basket. Dia ingin wakil Indonesia dapat berprestasi di ajang tersebut. Dimana yang paling dekat adalah menghadapi kualifikasi tim.

“Jadi kita mau sukses sebagai penyelenggara dan sukses sebagai timnas atau sukses prestasi,” ujarnya.

Zainudin pun tak menutup kemungkinan adanya naturalisasi pemain. Namun, dia mengatakan tetap akan memaksimalkan pemain-pemain yang ada terlebih dahulu.

“Jadi dua hal ini yang akan kita tempuh. Baik naturalisasi ataupun memaksimalkan pemain-pemain lokal kita. Tetapi, kita akan bawa keluar untuk training supaya dia merasakan suasana pertandingan yang berbeda dengan yang ada di Indonesia. Sebab nanti kalau toh juga kualifikasi selesai dia harus mempersiapkan diri berhadapan dengan negara lain,” pungkasnya.
(mir)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8372 seconds (0.1#10.140)