Personel Pemasok Terinfeksi Corona, Ribuan Ban Formula One Dimusnahkan

Rabu, 18 Maret 2020 - 12:04 WIB
Personel Pemasok Terinfeksi Corona, Ribuan Ban Formula One Dimusnahkan
Personel Pemasok Terinfeksi Corona, Ribuan Ban Formula One Dimusnahkan
A A A
MELBOURNE - Ribuan ban produk Pirelli yang sedianya digunakan pada balapan Formula One (F1) Grand Prix Australia dimusnahkan. Salah satu penyebabnya menyusul temuan personel pemasok ban F1 itu didiagnosis positif terinfeksi virus corona.

“Seorang anggota tim Pirelli F1 telah dites positif untuk Covid-19 di Melbourne, kemarin. Pihak yang bersangkutan sekarang sudah mengikuti semua prosedur relevan yang diberlakukan otoritas kesehatan Australia,” tulis pernyataan resmi Pirelli, dikutip AFP.

Satu anggota Pirelli ini menyusul 14 orang anggota tim McLaren yang resmi diumumkan positif corona. Terungkapnya personel McLaren ini yang kemudian memicu FIA dan F1 untuk mempertimbangkan ulang penyelenggaraan balap di Albert Park, Melbourne, tersebut.

Meski begitu, dibakarnya ban tersebut tidak sepenuhnya berkaitan dengan wabah virus corona. Sebanyak 1.800 buah ban F1 dari Pirelli tidak dibakar begitu saja, namun dimanfaatkan sebagai bahan bakar alternatif untuk pabrik semen di Oxfordshire, Inggris.

Dengan demikian, residu maupun asap pembakarannya tidak mencemari lingkungan tanpa manfaat. Ban harus dibakar karena Pirelli dilarang membawa ban-ban yang sudah dipasang ke pelek tapi tidak digunakan. Karena sudah dipasang, terdapat kemungkinan terjadi kerusakan saat ban dilepas kembali dari pelek.

Sebanyak 1.800 unit ban tadi bukan hanya berasal dari Seri Australia, tapi jumlah sama juga tiba di Bahrain dan Vietnam, dua seri berikutnya yang ikut dibatalkan. Dalam kondisi normal, biasanya Pirelli hanya menyisakan sekitar 560 ban basah (beralur), jika tidak dipakai selama akhir pekan balap.

“Saat ini batasannya adalah ketika kami melepas ban dari pelek, kami memberi tekanan pada lapisan ban dan kemudian jelas kami tidak yakin untuk memesan ban itu lagi, karena tingkat kekuatan yang digunakan pada ban ini sangat besar,” ucap bos Motorsport Pirelli Mario Isola. (Raikhul Amar)
(ysw)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5584 seconds (0.1#10.140)