Australia dan Kanada Ancam Mundur dari Olimpiade Tokyo 2020

Senin, 23 Maret 2020 - 15:04 WIB
Australia dan Kanada Ancam Mundur dari Olimpiade Tokyo 2020
Australia dan Kanada Ancam Mundur dari Olimpiade Tokyo 2020
A A A
SYDNEY - Australia dan Kanada siap mundur dari Olimpiade Tokyo 2020 jika Komite Olimpiade Internasional (IOC) bersikeras tidak menunda perhelatan empat tahunan tersebut. Komite Olimpiade Australia (AOC) sejauh ini telah memberi tahu para atletnya untuk mempersiapkan olimpiade yang akan berlangsung pada tahun depan, sementara Kanada akan mundur jika pertandingan dijadwal ulang.

“Komite Olimpiade Australia (AOC) mengatakan atlet Australia harus bersiap untuk Olimpiade Tokyo di musim panas 2021, setelah pengumuman IOC tentang potensi penundaan Olimpiade tahun ini dan perubahan lanskap kesehatan masyarakat di Australia dan di seluruh dunia," demikian pernyataan resmi AOC seperti dikutip dari Guardian, Senin (23/3).

“AOC percaya atlet kita sekarang perlu memprioritaskan kesehatan mereka (atlet dan tim ofisial) dan orang-orang di sekitar mereka, dan untuk dapat kembali ke keluarga, dalam diskusi dengan Federasi Nasional mereka. AOC mengadakan pertemuan Dewan Eksekutif via teleconference pagi ini dan dengan suara bulat setuju bahwa Tim Australia tidak dapat dibentuk dalam keadaan yang berubah di dalam dan luar negeri."

Perdana Menteri Australia Scott Morrison telah menyatakan bahwa pemerintah tidak akan mengizinkan AOC untuk melakukan perjalanan ke Tokyo pada bulan Juli di bawah pembatasan pemerintah saat ini. Pernyataan itu muncul setelah IOC menggelar rapat pertemuan untuk membahas isu terkini seputar pelaksanaan Olimpiade, Minggu (22/3).

Pertemuan akan digelar kembali akhir bulan ini untuk membahas kemungkinan pengunduran Olimpiade, termasuk menundanya hingga satu atau 2 tahun. Namun, itu adalah skenario terburuk. IOC dan pemerintah Jepang tetap berharap bisa menggelar Olimpiade tahun ini.

Andai IOC tetap bersikeras melanjutkan Olimpiade Tokyo, maka Kanada bakal menyatakan mundur. Rencananya untuk mundur bukan hanya berkaitan tentang atlet saja, tetapi kesehatan masyarakat.

"COC dan Komite Paralimpik Kanada, yang didukung oleh Komisi Atlet, Organisasi Olahraga Nasional, dan Pemerintah Kanada, telah membuat keputusan sulit untuk tidak mengirim tim Kanada ke Olimpiade dan Paralimpik pada musim panas 2020," sebuah pernyataan COC Baca.

“COC dan CPC segera menyerukan kepada IOC, IPC dan Organisasi Kesehatan Dunia untuk menunda Olimpiade selama satu tahun dan kami menawarkan mereka dukungan penuh kami dalam membantu menavigasi semua kerumitan yang dijadwal ulang dari pertandingan yang akan dibawa oleh Olimpiade.”

Sikap Australia dan Kanada jelas menjadi pukulan telak buat IOC. Sebab, IOC seperti tidak punya pilihan selain membuat opsi mengenai penundaan Olimpiade Tokyo 2020 ke tahun depan.
(mir)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0453 seconds (0.1#10.140)