alexametrics

Olimpiade Tokyo Resmi Ditunda, Prediksi Tim Amerika Terwujud

loading...
Olimpiade Tokyo Resmi Ditunda, Prediksi Tim Amerika Terwujud
Olimpiade Tokyo Resmi Ditunda, Prediksi Tim Amerika Terwujud
A+ A-
TOKYO - Pesta olahraga atau Olimpiade Tokyo 2020 resmi ditunda. Sebelumnya, keputusan itu mendapat dukungan dari berbagai anggota komite olahraga nasional (NOC) salah satunya dari Amerika Serikat.

Komite Olimpiade dan Paralimpiade Amerika Serikat (USOPC) -yang kemudian disebut tim Amerika, mengatakan, olimpiade memang sebaiknya tidak digelar tahun ini. Mereka menyimpulkan hal itu setelah menggelar survei terhadap 1.780 atletnya terkait rencana partisipasi di ajang tersebut. Hasilnya: mayoritas memang meminta ditunda.

“Kesimpulan kami dari respons para atlet adalah: Seandainya masalah kesehatan ini turun signifikan pada musim panas, persiapan kami tetap akan terganggu. Latihan, kontrol doping, dan kualifikasi tak akan berjalan memuaskan,” demikian pernyataan tim Amerika dikutip Inside The Games.



Beruntung bagi mereka, sebab Olimpiade Tokyo tidak jadi digelar pada Juni 2020. Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe dan presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach sepakat menunda Olimpiade hingga tahun depan. (Baca juga: Olimpiade Tokyo Resmi Ditunda hingga Tahun Depan)

Sebetulnya, wacana penundaan Olimpiade Tokyo 2020 sudah mengemuka sejak beberapa jam lalu. Waktu itu belum ada pernyataan resmi, namun, mantan wakil presiden IOC, Richard Pound, membocorkan bahwa Komite Olimpiade Internasional (IOC) sudah mengambil keputusan menunda event besar tersebut.

"Berdasarkan informasi yang dimiliki IOC, penundaan telah diputuskan,” kata Richard Pound yang sudah 40 tahun bekerja di IOC, dikutip Inside The Games.

Sekadar informasi, persiapan Tokyo untuk event ini sebetulnya sudah sangat matang. Namun, awal tahun 2020 ini dunia diguncang pandemi corona dengan jenis virus COVID-19 yang sudah menjangkit 368 ribu orang dan menyebabkan 16 ribu kematian di berbagai belahan dunia.
(sha)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top