Resmi Ditunda 2021, IOC: Nama Event Tetap Olimpiade Tokyo 2020

Rabu, 25 Maret 2020 - 07:37 WIB
Resmi Ditunda 2021, IOC: Nama Event Tetap Olimpiade Tokyo 2020
Resmi Ditunda 2021, IOC: Nama Event Tetap Olimpiade Tokyo 2020
A A A
TOKYO - Olimpiade Tokyo 2020 resmi ditunda pelaksanaannya hingga 2021 setelah menyebarnya Coronavirus (COVID-19). Sebuah keputusan yang sulit bagi Jepang yang akan menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas 2020.

Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menggelar jumpa pers untuk menjelaskan penundaan multi event olahraga terbesar sejagat yang rencananya digelar 24 Juli hingga 9 Agustus mendatang.

Mereka didampingi Yoshiro Mori, Presiden Komite Penyelenggara Tokyo 2020; Menteri Olimpiade, Seiko Hashimoto; Gubernur Tokyo, Yuriko Koike; Ketua Komisi Koordinasi IOC, John Coates; Direktur Jenderal IOC Christophe De Kepper; dan Direktur Eksekutif Olimpiade IOC, Christophe Dubi. Berikut pernyataan Preisden IOC dan PM Jepang:

Presiden Bach dan Perdana Menteri Abe menyampaikan keprihatinan tentang pandemi COVID-19 di seluruh dunia. Apa yang dilakukannya terhadap kehidupan orang-orang dan dampak signifikan yang ditimbulkannya terhadap persiapan atlet global untuk Olimpiade.

Dalam pertemuan yang sangat ramah dan konstruktif, kedua pemimpin memuji pekerjaan Komite Pengorganisasian Tokyo 2020 dan mencatat kemajuan besar yang dibuat di Jepang untuk berjuang melawan COVID-19. Penyebaran wabah yang belum pernah terjadi sebelumnya dan tak terduga telah membuat situasi di seluruh dunia memburuk.

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengatakan bahwa pandemi COVID-19 sedang menggila. Ada lebih dari 375.000 kasus yang sekarang tercatat di seluruh dunia dan di hampir setiap negara, dan jumlah mereka meningkat setiap jam.

Dalam keadaan saat ini dan berdasarkan informasi yang diberikan oleh WHO hari ini, Presiden IOC dan Perdana Menteri Jepang telah menyimpulkan bahwa pertandingan Olimpiade XXXII di Tokyo harus dijadwalkan kembali ke tanggal di luar 2020 tetapi tidak lebih dari musim panas 2021, untuk menjaga kesehatan para atlet, semua orang yang terlibat dalam Olimpiade dan komunitas internasional.

Para pemimpin sepakat bahwa Olimpiade di Tokyo dapat berdiri sebagai mercusuar harapan bagi dunia selama masa-masa sulit ini dan bahwa nyala api Olimpiade dapat menjadi cahaya di ujung terowongan di mana dunia menemukan dirinya saat ini. Karena itu, disepakati bahwa api Olimpiade akan tetap di Jepang. Juga disepakati bahwa Olimpiade akan mempertahankan nama Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0209 seconds (0.1#10.140)