alexametrics

Olimpiade Tokyo 2020 Ditunda Tahun Depan, Apa Dampaknya?

loading...
A+ A-
TOKYO - Olimpiade Tokyo 2020 ditunda hingga tahun depan akibat pandemi virus corona. Apa dampaknya bagi atlet, kota penyelenggara, dan seperti apa potensi kerugian finansial?

Dikutip Herald Sport, Selasa (31/3) penundaan event bagi atlet bisa berdampak macam-macam. Atlet yang sudah mempersiapkan diri dengan matang, tentunya perlu memulai persiapan dari nol. Sedangkan atlet yang tadinya mimim persiapan, bisa membuat perencananan lebih matang.

Bagi kota penyelenggara, Tokyo, mundurknya Olimpiade menjadi tahun depan, bisa diartikan sebagai musibah. Mereka perlu menata ulang persiapan, misalnya dengan menyewa kembali gedung-gedung yang telah ditentukan sebagai bagian dari Olimpiade 2020.



Potensi kerugian dari penundaan ini juga cukup besar. Laporan Herald Sport mengklaim, panitia Tokyo 2020 berpotensi menelan kerugian mencapai 2 miliar pound atau setara 40 triliun. Kerugian ini mencakup penyewaan tempat, pemesanan ulang hotel, dan biaya tambahan untuk keamanan juga staf.

Ada juga dampak psikologis yang mungkin jadi pertimbangan; seberapa siap dunia kembali merangkul Olimpiade setelah pendemi virus corona ini bisa diatasi? Pertanyaan tersebut tentunya cuma bisa dijawab seiiring berjalannya waktu.

Sebelumnya diberitakan, Komite Olimpiade Internasional (IOC) mengumumkan jadwal baru untuk Olimpiade Tokyo 2020. Jika tidak ada halangan lagi, pesta olahraga multievent akan digelar 23 Juli - 9 Agustus 2021. (Baca juga: Olimpiade Tokyo 2020 Akan Digelar 23 Juli Tahun Depan)
(bbk)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top