alexametrics

Jelang Olimpiade Tokyo 2020

Federasi Olahraga Internasional Sambut Positf Jadwal Baru Olimpiade 2020

loading...
Federasi Olahraga Internasional Sambut Positf Jadwal Baru Olimpiade 2020
Federasi Olahraga Internasional Sambut Positf Jadwal Baru Olimpiade 2020
A+ A-
TOKYO - Federasi olahraga internasional menyambut positif jadwal baru Olimpiade 2020. Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan Pemerintah Jepang telah menyepakati pesta akbar olahraga dunia itu akan digelar pada 23 Juli hingga 8 Agustus 2021.

Seperti diketahui bersama, pandemi corona telah memaksa IOC dan Panpel Tokyo 2020 menunda pelaksanaan olimpiade. Mereka tak mungkin memaksakan menggelarnya setelah beberapa negara mendesak untuk melakukan penundaan. (Baca juga : Olimpiade Tokyo 2020 Akan Digelar 23 Juli Tahun Depan)

Dan ternyara penundaan tersebut mendapatkan tanggapan positif dari Konfederasi Bisbo Sofbol Dunia (WBSC). Melalui ketuanya, Riccardo Fraccari mereka berjanji akan segera beradaptasi dengan jadwal baru ini.



"WBSC telah berdiri dalam solidaritas dengan Gerakan Olimpiade dan Jepang selama masa yang penuh tantangan ini dan terus melakukannya. Kami tetap fleksibel dengan acara-acaranya sendiri, termasuk kualifikasi olimpiade, untuk mengakomodasi penjadwalan ulang Olimpiade Tokyo 2020," kata Faccari kepada insidethegames, Selasa (31/3).

"Di atas semua itu, WBSC sepenuhnya mendukung pertimbangan utama yang mendasari keputusan, terutama melindungi kesehatan para atlet dan semua orang yang terlibat. Kami pun mendukung pencegahan COVID-19 serta menjaga kepentingan para atlet dan olahraga Olimpiade."

Cabang bisbol dan sofbol akan mengawali debutnya di Olimpiade 2020. Cabang ini kali pertama diuji coba pada Olimpiade 2008 di Beijing. Namun lantaran pandemi corona, kualifikasi olimpiade harus tertunda dua kali.

Penundaan kualifikasi juga dialami cabang angkat besi. Federasi Angkat Besi Internasional (IWF) pun menyambut penundaan olimpiade ini. "Berkat keputusan ini, bagian penting dari ketidakpastian yang dihadapi oleh para atlet dengan ambisi Olimpiade kini telah dihapus," kata Presiden IWF Ursula Papandrea.

"Sekarang ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan, tetapi kami sudah sangat terkesan dengan pekerjaan Komite Penyelenggara Olimpiade Tokyo, termasuk pengiriman acara uji angkat besi yang sukses. Sebagai tambahan atas ucapan terima kasih kami yang tulus atas pekerjaan itu, IWF sekarang ingin menambahkan rasa terima kasih yang terdalam kepada Tokyo 2020 atas kesediaan mereka untuk menerima tantangan olimpiade yang dijadwal ulang sementara juga berurusan dengan COVID-19."

Federasi Kano Internasional (ICF) menyebutkan berita hari ini adalah hasil yang paling adil. Meski begitu diakui bahwa olimpiade sekarang akan berbenturan dengan beberapa acara. "Kami akan terus bekerja dengan Komite Olimpiade Internasional untuk menyelesaikan acara kualifikasi dan tanggal untuk kuota yang masih belum dialokasikan," kata Sekjen ICF Simon Toulson.

Sementara Federasi Tenis Meja Internasional (ITTF) Thomas Weikert menyambut baik jadwal baru olimpiade. "Dengan diumumkannya tanggal baru, dan setelah kami menerima panduan mereka, kami akan bekerja sama dengan IOC dan IPC, serta dengan Asosiasi Kontinental dan Atlet Kontinental kami untuk melakukan penyesuaian yang diperlukan untuk jalur kualifikasi," urainya.

Ucapan terima kasih disampaikan Presiden Federasi Senam Internasional (IGF) Morinari Watanabe karena jadwal olimpiade baru langsung diumumkan. "Pengumuman ini akan memungkinkan kami untuk mengatasi masalah yang dibiarkan terbuka dengan ditundanya olimpiade satu tahun, dimulai dengan tempat-tempat olimpiade yang belum dialokasikan," katanya.

"Kami akan memfokuskan upaya kami untuk menghormati semangat sistem kualifikasi olimpiade sebagaimana ditentukan dalam aturan. Kami akan memastikan bahwa peristiwa yang harus ditunda dapat terjadi setelah krisis kesehatan global ini dan kami akan benar-benar yakin bahwa semua kondisi terpenuhi dan menjamin keselamatan semua peserta."
(bbk)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top