Duel Tak Diharapkan Hancurkan Monopoli Kelas Berat Duo Klitschko

Rabu, 08 April 2020 - 09:36 WIB
Duel Tak Diharapkan Hancurkan Monopoli Kelas Berat Duo Klitschko
Duel Tak Diharapkan Hancurkan Monopoli Kelas Berat Duo Klitschko
A A A
LAS VEGAS - Duo Klitschko, Wladimir dan Vitali, begitu dominan memonopoli ring tinju Kelas Berat selama empat tahun. Kala itu, pertarungan gelar Kelas Berat jika tanpa melibatkan duo Klitschko kurang greget, juga tak bergengsi.

Duel Bermane Stiverne vs Chris Arreola pada 2014 mencoba untuk mengubah perspektif tanpa duo Klitschko, Kelas Berat tidak bergengsi. Duel yang tak diharapkan itu akhirnya dimenangkan Stiverne yang menjadi juara Kelas Berat WBC.

Naiknya Stiverne menjadi masa kehancuran duo Klitschko di Kelas Berat sekaligus menjadi awal era Deontay Wilder. Boleh dibilang, kehadiran Stiverne seperti menjadi masa transisi di antara era berkuasanya duo Klitschko dan Wilder.

Gelar WBC menjadi lowong ketika Vitali Klitschko, berusia 42, mengundurkan diri untuk memulai karir dalam politik Ukraina sebagai Wali Kota Kiev. Sedangkan Wladimir Klitschko masih memegang sabuk juara Kelas Berat IBF, WBA dan WBO. Itu berarti bahwa, untuk rentang tiga tahun, saudara kandung Vitali masih memegang setiap sabuk utama di divisi elite tersebut.

Sebelum Stiverne vs Arreola untuk sabuk WBC yang baru saja dikosongkan pada 2014, pertarungan gelar Kelas Berat sebelumnya tanpa melibatkan Klitschko adalah keberhasilan David Haye mempertahankan gelar WBA melawan Audley Harrison pada 2010. Kurang dari setahun kemudian Wladimir merampas gelar Haye untuk memperkuat kontrol duo Klitschko.

Jadi peluang besar muncul di 2014 untuk era baru ketika Vitali bertukar ring tinju dengan kantor walikota. Tetapi itu antiklimaks untuk Stiverne dan Arreola untuk menjadi pesaing tempat terbaik.

Pada 2014, Tyson Fury adalah petinju yang karirnya menanjak cepat dengan meraih rekor 22-0 setelah kemenangan atas Derek Chisora. Peraih medali emas Olimpiade, Anthony Joshua dan Oleksandr Usyk mulai muncul.

Jadi Stiverne dan Arreola mendapat persetujuan sebagai pesaing peringkat tertinggi WBC. Di belakang mereka ada Wilder, Bryant Jennings, Mike Perez dan Chisora. Tidak ada petinju yang tidak terkalahkan atau sangat dicintai.

Arreola sudah kehilangan tantangan dari Vitali. Dan setahun sebelumnya Stiverne mengalahkan Arreola dalam pertarungan pertama mereka. Mereka tidak dapat membayangkan bahwa pertandingan ulang akan mempertaruhkan gelar WBC.

’’Arreola akan menjadi juara dunia Kelas Berat pertama keturunan Meksiko,’’ujar promotornya Dan Goossen.

Di kemudian hari, kehormatan itu pada akhirnya akan menjadi milik Andy Ruiz Jr. Stiverne, sementara itu, mengajukan gugatan terhadap promotornya Don King ketika kesempatan ini muncul.

Don King yang eksentrik dikenal sukses mempromosikan pertarungan gelar yang melibatkan Muhammad Ali, Joe Frazier, George Foreman, Larry Holmes dan Mike Tyson. Dia begitu gembira ketik Stiverne mengalahkan Arreola di ronde keenam.

King dan Goossen bertaruh bahwa yang kalah harus mencukur kepalanya. Itu pertaruhan yang bagus untuk King, yang saat itu berusia 82 tahun, dan rambutnya yang acak-acakan. Tidak lama setelah Stiverne kelahiran Kanada yang berbasis di Kanada mengangkat gelar, Wladimir Klitschko mengumumkan niatnya bertemu untuk memahkotai seorang juara yang tidak perlu dipersoalkan.

Namun Wilder, penantang wajib pertama kali berhasil. Raja bersumpah untuk menggelar pertarungan di Mesir: "Saya ingin menahannya di bayang-bayang Piramida dan itu akan disebut Raja Nil!"

Tujuh bulan setelah menjadi juara, Stiverne dikalahkan oleh Wilder di Las Vegas. Itu adalah pertama kalinya Wilder menempuh jarak dalam pertarungan apa pun, tetapi, secara signifikan, ia menjadi juara Kelas Berat Amerika pertama dalam delapan tahun sejak Hasim Rahman.

Era kejayaan Wilder yang menghancurkan akan berlangsung selama lima tahun, sementara Vitali berlangsung selama delapan tahun. Di antara mereka Stiverne (dan kehadiran Raja yang masih hidup) memegang bagian terkecil dari sejarah.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7329 seconds (0.1#10.140)