Jiracek kandaskan mimpi tuan rumah Polandia

Minggu, 17 Juni 2012 - 04:56 WIB
Jiracek kandaskan mimpi...
Jiracek kandaskan mimpi tuan rumah Polandia
A A A
Sindonews.com - Timnas Republik Ceko berhasil memenangkan pertandingan terakhir pada laga penyisihan Grup A saat melawan Polandia dengan skor 1-0 lewat gol tunggal Petr Jiracek. Hal ini membuat Rep Ceko menempati peringkat pertama Grup A Piala Eropa 2012 dan memastikan melaju ke babak perempat final yang telah ditunggu Runner Up dari Grup B yang hingga kini belum dipastikan.

Kemenangan Rep Ceko dihasilkan berkat gol tunggal pemain tengah mereka Petr Jiracek pada menit ke 72. Kemenangan ini adalah buah dari kerja keras Ceko, dimana mereka memulai turnamen dengan kekalahan telak 4-1 dari Rusia tidak lantas membuat semangat tim yang dipimpin Oleh Petr Cech ini lantas luntur.

Terbukti pada pertandingan kedua mereka membayarnya dengan kemenangan dari juara Eropa tahun 2004 Yunani dengan skor 2-1, terakhir mereka mampu mempupuskan mimpi tuan rumah Polandia dihadapan puluhan ribu pendukungnya sendiri dengan gol tunggal Petr Jiracek.

Rep Ceko memulai pertandingan melawan Polandia dibabak pertama dengan terus ditekan. Polandia sepertinya tidak ingin mengecewakan puluhan ribu pendukungnya saat laga lanjutan penyisihan Grup A Piala Eropa 2012. Sejak peluit pertama berbunyi Polandia langsung menekan pertahanan Ceko, kesempatan pertama diperoleh Dariusz Dudka dari tendangan akrobatiknya namun masih menyamping dari gawang Rep Ceko.

Selanjutnya Ceko membalas lewat akselerasi Selassie yang menusuk lewat sayap dan memberikan umpan langsung ke tengah yang langsung disambut oleh Vaclav Pilar namun belum berbuah gol. Eugen Polanski kembali membuka peluang bagi Polandia pada menit ke-15. Tetapi, sepakannya hasil umpan dari Blaszczykowski masih jauh melebar dari gawang Petr Cech.

Serangan yang dibangun Polandia kerap gagal saat memasuki daerah pertahanan Ceko, hal ini membuat Sebastian Boenisch pemain bertahan Polandia yang bermain untuk Werder Bremen ini melesatkan tendangan jarak jauh, namun penampilan gemilang Petr Cech berhasil menepisnya.

Memasuki pertengahan babak pertama Polandia masih merepotkan pertahanan Rep.Ceko. Tim asuhan Franciszek Smuda tersebut memang menampilkan permainan cepat dalam laga ini. Pada menit ke-27 Rep.Ceko mulai mencoba melakukan tusukan-tusukan ke daerah Polandia melalui sektor kiri. Laga yang berlangsung di bawah hujan deras ini sedikit membuat kedua tim berhati-hati dan banyak memainkan operan-operan jauh.

Hingga akhir babak pertama, kedua tim saling bertukar serangan. Tetapi, hingga peluit akhir babak pertama ditiupkan kedudukan masih imbang tanpa gol 0-0. Selanjutnya memasuki babak kedua Rep.Ceko mengambil inisiatif untuk lebih dulu menyerang guna membuka peluang mereka melaju ke babak perempat final Piala Eropa 2012.

Pertandingan yang terbilang keras dan cepat ini, pada menit ke 60 menghasilkan kartu kuning buat Marcin Wasilewski yang melanggar gelandang Ceko Limbersky di dekat kotak penalti. Akibatnya pelanggaran tersebut berbuah tendangan bebas namun belum mampu berbuah gol.

Selanjutnya kiper Polandia Tyton melakukan penyelamatan gemilang pada menit ke 64 yang berhasil menggagalkan sundulan dari Tomas Sivok. Tak berhenti sampai disitu serangan Ceko semakin menjadi, buktinya pada menit ke 67, Milan Baros mencoba melakukan tendangan spekulasi yang keras namun masih ditahan oleh penjaga gawang Tyton.

Akhirnya pada menit ke 71 memanfaatkan serangan balik, Jiracek yang memperoleh umpan dari Milan Baros, berhasil memperdayai Marcin Wasilewski dan Rafal Murawski untuk selanjutnya melesatkan tendangan keras yang tidak bisa ditahan Tyton. Kedudukan berubah 1-0 untuk Rep Ceko.

Tak ingin malu didepan pendukung sendiri, Polandia berusaha keras membalas gol dengan melakukan berbagai serangan hingga menit terakhir. Namun hingga wasit membunyikan peluit tanda pertandingan berakhir kedudukan masih 1-0 untuk keunggulan Rep Ceko, yang membuat Cech dkk mendapatkan poin 6 dan memimpin klasemen Grup A Piala Eropa 2012 dan memastikan lolos ke babak perempat final.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8005 seconds (0.1#10.140)