Transfer pemain merosot tajam

Jum'at, 06 Juli 2012 - 15:26 WIB
Transfer pemain merosot tajam
Transfer pemain merosot tajam
A A A
Sindonews.com - Biaya tranfer dan pembelian pemain sepakbola internasional pembelian telah merosot tajam di seluruh dunia dalam enam bulan terakhir.

Penawaran pemain yang sudah beres turun sebesar 9 persen dalam enam bulan pertama 2012, namun total nilai keuangan sepertiga dari mereka merosot hingga 34 persen.

Total pendapatan dari 4.973 transfer di seluruh dunia adalah USD576 juta (atau setara 371 miliar pounsterling). Penurunan tersebut mungkin disebabkan lanjutan masalah ekonomi global dan rencana UEFA menerapkan aturan financial fair play.

Data tersebut diungkapkan Transfer Matching System (TMS) FIFA, yang menggunakan teknologi elektronik moderen dengan tujuan membuat transfer sepak bola internasional yang lebih transparan dan sesuai ketentuan hukum.

"Kami masih harus melihat apa yang terjadi pada Juli dan Agustus, ketika bursa transfer Eropa terbuka, untuk melihat apakah ini (penurunan) hanya sementara atau bagian dari tren yang terus berlanjut," kata Head of integrity and compliance TMS FIFA, Isabelle Solal seperti dikutip dari BBC, Jumat (6/7/2012).

"Klub saat ini sedang membuat upaya untuk menyeimbangkan pembukuan mereka, namun semuanya akan jelas pada bulan September," lanjut Solal.

Diketahui, lima besar liga Eropa yakni Inggris, Jerman, Perancis, Italia dan Spanyol, memiliki jendela transfer yang berjalan dari 1 Juli-31 Agustus.

Dengan sebagian besar penawaran dilakukan pada paruh pertama tahun yang terjadi selama jendela transfer Januari di Eropa, ini merupakan dua bulan perdagangan paling global untuk semester kedua tahun ini yang akan terjadi.

Aturan financial fair play telah diperkenalkan oleh tubuh sepakbola Eropa yang mengatur untuk memastikan bahwa klub hanya menghabiskan uang tunai, termasuk pada nama besar pemain bintang, dari pendapatan yang mereka buat, bukan pinjaman melalui atau pinjaman dari pemilik kaya.

"Lebih efektif '

TMS adalah sistem online untuk mendaftar transfer internasional dan telah menggantikan sistem lama yang menggunakan dokumen berdasarkan kertas. Ini tidak mencakup transfer domestik antara dua klub dari asosiasi yang sama.

Agar transfer tervalidasi, kedua klub yang terlibat harus memasukkan informasi yang relevan pada kesepakatan ke dalam sistem TMS.

Namun, dalam enam bulan pertama 2012, jumlah denda yang dikenakan TMS FIFA pada klub karena tidak sesuai dengan peraturan transfer telah mencapai hampir total untuk keseluruhan denda tahun 2011.

"Kami jauh lebih efektif sebagai departemen kepatuhan, dan meskipun jumlah transfer yang turun, kita menemukan pelanggaran lebih banyak dengan adanya peran kami," kata Solal.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0347 seconds (0.1#10.140)