PSSI ingatkan PT Liga jaga komitmen

Kamis, 18 Oktober 2012 - 22:16 WIB
PSSI ingatkan PT Liga jaga komitmen
PSSI ingatkan PT Liga jaga komitmen
A A A
Sindonews.com - PSSI meminta PT Liga Indonesia (PT Liga) selaku operator kompetisi Indonesia Super League (ISL) menjaga komitmen yang disepakati di dalam Joint Commite. Begitu juga dengan rencana hengkangnya dua klub Indonesian Premier League (IPL), Persijap dan Semen Padang ke ISL.

”Rapat Joint Commite sudah memutuskan kompetisi di IPL dan ISL pada musim 2013 akan tetap berjalan masing-masing. Baru kemudian dilakukan penyatuan pada 2014 mendatang. Saat ini tinggal bagaimana komitmen belah pihak untuk menjalankan kompetisi masing-masing,” kata anggota Exco PSSI PSSI Sihar Sitorus di Solo, Kamis (18/10).

Menurut Sihar, kompetisi IPL maupun ISL sudah memiliki aturan tim peserta masing-masing. Apabila poin ini disepakati, maka seharusnya tidak ada tim dari salah satu kompetisi yang hengkang ke kompetisi lain.

Dalam hal ini sangat dibutuhkan komitmen dari IPL atau ISL. Apalagi keduanya kompetisi ini telah mengeluarkan klasemen terakhirnya. Sehingga, kompetisi mendatang harus diikuti peserta yang masuk di klasemen ditambah dengan sistem promosi degradasi masing-masing kompetisi.

”Akan lebih bijaksana apa yang ada ini dipatuhi. Sehingga tak ada yang namanya
kepindahan tim dari IPL ke ISL atau sebaliknya. Sebab bukan tidak mungkin ada klub dari ISL yang ingin pindah ke IPL,” tambah Sihar yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang Kompetisi PSSI ini.

Disinggung mengenai sanksi yang akan diberikan kepada Persijap dan Semen Padang jika mereka benar-benar hengkan, sampai sekarang PSSI belum memikirkannya. Meski demikian, pihaknya akan secepatnya dikoordinasikan dan dlaporkan Joint Committee. Termasuk di dalamnya melakukan pembicaraan dengan kedua klub tersebut.

Dia menekankan kepada semua pihak selalu berpegangan pada hasil rapat JC. Dasar berpedoman pada Joint Commite, merupakan salah satu pegangan PSSI selain terhadap Statuta FIFA dan hasil rapat Exco PSSI. ”Sejauh ini kami juga berani berspekulasi apakah IPL nanti diisi 14 atau 16 tim. Satu yang jelas dari rapat Exco terakhir diputuskan kompetisi mendatang mulai bergulir Februari 2013,” pungkas Sihar.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5847 seconds (0.1#10.140)