Vettel tak perduli topan Fitow

Sabtu, 05 Oktober 2013 - 17:00 WIB
Vettel tak perduli topan Fitow
Vettel tak perduli topan Fitow
A A A
Sindonews.com - Ancaman topan Fitow pada gelaran Grand Prix Korea, Minggu (6/10) besok, ternyata tidak membuat Sebastian Vettel khawatir. Seusai menjalani sesi kualifikasi di Sirkuit Korea Internasional, juara F1 tiga kali secara beruntun itu mengatakan bahwa dirinya tidak peduli dengan kemungkinan (prediksi) hujan lebat sebelum balapan berlangsung. Justru dia semakin tertantang menjalani adu kebut jet darat itu di sana.

Gelaran balapan di GP Korea akhir pekan ini, bisa berisiko besar terhadap para pembalap yang akan tampil di seri ke-14 nanti. Menurut sebuah laporan, angin topan Fitow dan hujan deras akan mengguyur wilayah Korea dan sekitarnya. Pusaran angin kencang dengan kecepatan angin 100 km/jam atau lebih ini akan berlangsung beberapa jam sebelum balapan berlangsung. Hal ini yang menyebabkan spekulasi bermunculan bahwa Sirkuit Yeongam akan tergenang air (banjir).

Sirkuit Korea Internasional Yeongam, sendiri dikabarkan di bangun di atas tanah rawa reklamasi atau disamping laut China Timur. Sehingga dengan adanya hujan lebat yang diprediksikan akan mengguyur Korea, maka kejadian tiga tahun yang lalu mungkin bisa terulang lagi, di mana balapan tersebut terpaksa dihentikan pada lap ketiga ketika hujan lebat melanda lintasan ini.

Data yang diberikan oleh Angkatan Laut AS dan Angkatan Udara Joint Typhoon Warning Centre (JTWC) menyatakan, tiupan bisa jauh lebih tinggi lagi dan ini bisa menjadi perhatian utama pihak penyelenggara. Mengingat jumlah papan iklan yang berada di sekitar trek bisa berserakan di lintasan akibat tiupan angin topan Fitow tersebut.

Menanggapi seputar bencana alam yang akan terjadi sebelum balapan berlangsung, Vettel mengakui meskipun kali ini masalah tersebut menjadi perhatian khusus pihak penyelenggara. Tapi dirinya tak terlalu mengkhawaitrkan masalah itu. Pasalnya, tim akan menggunakan ban basah jika lintasan benar-benar diguyur hujan.

"Saya tidak keberatan dengan kondisi cuaca dan itu bukanlah suatu bencana bagi saya, jika hujan benar-benar terjadi. Karena kami akan menggunakan ban basah. Mereka sempat mengutarakan bahwa akan terjadi angin yang sangat kencang di Korea, tetapi tampaknya hal itu semakin mereda. Karena diketahui topan akan berubah arah," klaim Vettel dilansir Crash, Sabtu (5/10/2013).

"Yang jelas, jika hujan tidak akan menajdi masalah bagi saya. Kami telah melakukan pekerjaan hari ini, dan saya tak sabar untuk balapan," tutupnya.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6578 seconds (0.1#10.140)