Calon pembalap F1 dari Negeri Paman Sam

Rabu, 20 November 2013 - 07:44 WIB
Calon pembalap F1 dari Negeri Paman Sam
Calon pembalap F1 dari Negeri Paman Sam
A A A
Sindonews.com - Dahaga publik Amerika Serikat untuk memiliki pembalap yang bersaing di ajang balap jet darat Formula 1 sepertinya bakal segera berakhir. Peluang tersebut terbuka melalui pembalap berusia 22 tahun kelahiran Auburn, AS, Alexander Rossi.

Impian Rossi untuk menjadi pembalap F1 sudah mulai dirajut sejak dia meninggalkan rumahnya di usianya 16 tahun. Dia mengawali karirnya dengan mengikuti ajang Skip Barber (tingkat awal balapan profesional). Bahkan, Rossi berhasil menjadi pemenang termuda dalam salah satu seri Skip Barber National Championship, yakni saat dia masih berusia 14 tahun.

Setelah Skip Barber, Rossi melanjutkan karirnya dengan mengikuti seri Formula BMW pada 2007. Di partisipasi pertamanya, Rossi berhasil menyelesaikan kejuaraan di posisi ketiga, dengan tiga kali menenangkan seri balapan dan lima kali naik podium, bersama Team Apex Racing (AS). Pada tahun berikutnya, Rossi sukses menjadi juara dunia Formula BMW.

Sukses menjadi juara dunia Formula BMW, Rossi pun mendapatkan kesempatan untuk menjalani tes menjadi 'pilot' BMW Sauber F1 Team. Dia menjalani tes tersebut bersama juara (Formula BMW) Eropa, Esteban Gutierrez.

Pada 2009, Rossi mencoba peruntungannya di International Formula Master, sebelum akhirnya bergabung bersama tim ART Grand Prix (Prancis) untuk berkiprah di GP3 Series musim 2010. Satu musim kemudian, Rossi loncat lagi ke Formula Renault 3.5 Series bersama tim Fortec Motorsport.

Setelah bersaing di GP2 Asia Series selama musim 2009-2010, akhirnya Rossi melakukan debut GP2 Series di Bahrain, setelah dia menggantikan pembalap dari China, Ma Qinghua. Pada debutnya di GP2, dia berhasil finis di urutan ketiga.

Sejak musim 2012, Rossi sudah dikontrak untuk menjadi pembalap cadangan dan test driver untuk Caterham F1 Team. Dalam GP Amerika Serikat di Austin, Texas, Rossi melakukan penampilan singkat selama sesi latihan pertama. Tetapi masih belum bisa dipastikan kapan kesempatan untuk menjadi pembalap akan tiba.

"Tidak masalah jika Anda memenangkan setiap kejuaraan junior di AS, Anda harus pergi ke Eropa dan mulai dari awal lagi dan membuktikan kepada mereka (tim F1) bahwa Anda bisa balapan di Eropa dan bersaing di Eropa," ungkap Rossi ketika diwawancarai Reuters.

"Itulah jalan dalam olahraga ini. Formula One adalah olahraga yang didominasi Eropa dan mereka tidak percaya siapa pun layak diberi kesempatan kecuali mereka menang dan berkompetisi di Eropa," paparnya terkait keputusannya meninggalkan rumahnya untuk menuju Eropa.

Sementara itu, pembalap AS yang terakhir berpartisipasi di ajang F1 adalah Scott Speed. Namun, pria kelahiran 24 Januari 1983 hanya bertahan dua musim, dan pada 2007, dia meninggalkan F1 untuk menuju ke ajang balap NASCAR. Sedangkan, Mario Andretti menjadi pembalap AS terakhir yang berhasil menjadi juara dunia F1 pada 1978.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5302 seconds (0.1#10.140)