Dakwaan suap buat Ecclestone mundur dari F1

Sabtu, 18 Januari 2014 - 02:51 WIB
Dakwaan suap buat Ecclestone...
Dakwaan suap buat Ecclestone mundur dari F1
A A A
Sindonews.com - Bernie Ecclestone sepertinya ingin fokus menghadapi kasusnya setelah memilih mengundurkan diri dari posisi direktur Delta Topco, perusahaan yang menyelenggarakan Formula 1. Ecclestone sendiri baru saja secara resmi bakal menghadapi dakwaan penyuapan di Jerman.

Seperti dilansir BBC, Sabtu (18/1) Ecclestone dituding melakukan penyuapan sebesar USD45 juta kepada bankir Jerman yang saat ini dipenjara karena menerima bayaran tersebut. Pihak kejaksaan menduga bayaran ini untuk memastikan Formula 1 dijual ke perusahaan ekuitas swasta pilihan Ecclestone.

Menanggapi kasus ini Ecclestone yang sudah mengaku memberikan sejumlah uang kepada Gribkowsky, namun tetap menyangkal dirinya melakukan penyuapan. Ia justru mengklaim sebagai korban pemerasan. Ecclestone sendiri rencananya bakal menghadapi persidangan dirinya di Jerman.

Selain kasus ini Ecclestone juga tersandung skandal sengketa perdata senilai USD147 juta, di Pengadilan Tinggi London. Kasus ini diajukan perusahaan media di Jerman, Constantin Medien, yang mengaku merugi saat saham Formula 1 milik bank Jerman Bayern Landesbank dijual ke grup ekuitas swasta CVC pada 2006.

Ecclestone dan Gribkowsky, yang sama-sama pernah menduduki jabatan direktur Bayern Landesbank, didakwa bersekongkol menurunkan nilai Formula 1 ketika dijual agar Ecclestone tetap bisa menguasai olahraga ini.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9867 seconds (0.1#10.140)