Arema berencana ulang sejarah?

Selasa, 13 Mei 2014 - 23:03 WIB
Arema berencana ulang sejarah?
Arema berencana ulang sejarah?
A A A
Sindonews.com — Arema Cronus memiliki kans lolos ke babak delapan besar AFC Cup dalam dua kali keikutsertaannya. Rabu (14/5), Arema bakal menantang tuan rumah Kitchee FC di Mongkok Stadium. Lawan yang pernah disingkirkan Arema IPL pada AFC Cup 2012 silam.

Kedua kubu memang sudah banyak berubah dalam dua musim terakhir. Bahkan Kitchee sempat menembus babak delapan besar pada AFC 2013. Namun Arema bukannya tanpa perkembangan. Dari aspek apa pun Singo Edan sekarang jauh lebih komplit dibanding Arema IPL.

Materi pemain mentereng, prestasi mengkilap di kompetisi domestik, serta dukungan Aremania secara langsung di Hongkong. Tentu atmosfir tersebut sangat berguna bagi tim asuhan Suharno-Joko Susilo untuk meraih kemenangan di Hongkong. Suharno menekankan agar timnya bisa memanfaatkan segala potensi yang ada.

Diakuinya, prestasi Arema IPL pada 2012 layak dijadikan inspirasi, apalagi saat ini kekuatan Arema lebih lengkap. Dia ingin daya juang Roman Chmelo dkk hingga mampu menyingkirkan Kitchee FC 0-2 dua tahun lalu bisa ditiru dan bahkan lebih baik oleh Ahmad Bustomi dkk.

“Dulu Arema IPL bisa mengalahkan Kitchee FC di sini (Hongkong) dan kami ingin mengulang prestasi tersebut. Tapi tidak bisa dimungkiri bahwa lawan tentu mengalami perkembangan, buktinya Kitchee lolos ke 16 besar sebagai juara grup. Mereka akan sangat berambisi (mengalahkan Arema),” tutur Suharno, Selasa (13/5).

Pelatih asal Klaten, Jawa Tengah, juga menggarisbawahi peningkatan grafik Kitchee FC dalam keikutsertaan di AFC Cup. Tersingkir di fase grup pada 2008, kemudian menembus 16 besar pada 2012, selanjutnya berhasil melaju ke babak perempat final tahun lalu.

Dari situ Arema layak menghormati kekuatan lawan yang tentu sangat berbeda dengan yang dihadapi Arema IPL lalu. “Sejauh ini saya sudah mempersiapkan semua hal. Mempersiapkan tim, serta mempelajari kekuatan lawan. Saya berharap semuanya seperti harapan ketika di lapangan nanti,” tambah Suharno.

Kehilangan Gede Sukadana yang terkena akumulasi kartu kuning, kemungkinan Hendro Siswanto bakal menemani Gustavo Lopez dan Ahmad Bustomi di lapangan tengah. Sebenarnya masih ada Juan Revi Auriqto sebagai gelandang bertahan, tapi kondisi engkelnya masih terus dipantau.

Trio penyerang hampir dipastikan milik Beto Goncalves, Christian Gonzales, serta Samsul Arif. Nama Samsul akan sulit ditinggal di bangku cadangan mengingat dia sedang menggelora seusai mencetak hattrick ke gawang Persegres Gresik United di Indonesia Super League (ISL) pekan lalu.

Kapten Arema Ahmad Bustomi menyatakan, tim dalam situasi sangat positif di Hongkong dan tidak ada masalah yang perlu dikhawatirkan. “Saya yakin tekanan ada di tuan rumah, karena mereka pernah tersingkir oleh Arema IPL. Kami harus bisa bermain sesuai karakter, telaten, serta konsisten,” ungkap Bustomi.

Dia memandang pentingnya langsung tampil apik sejak awal laga dan menjaga performa hingga akhir pertandingan. Jika lawan langsung memegang kendali permainan sejak awal hingga Arema sulit berkembanga, menurutnya situasi akan lebih berat. “Kami harus sudah on fire sejak kick off,” demikian sang kapten.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8371 seconds (0.1#10.140)