Bola basket olimpiade dilelang Rp 5,6 m

Jum'at, 16 Mei 2014 - 12:59 WIB
Bola basket olimpiade dilelang Rp 5,6 m
Bola basket olimpiade dilelang Rp 5,6 m
A A A
Sindonews.com - Bola basket asli yang digunakan dalam final Olimpiade 1936 akan dilelang. Bola yang digunakan saat Amerika Serikat bertemu Kanada itu diharapkan bisa laku antara USD 250 ribu (Rp 2.8
miliar) dan USD 500 ribu (Rp 5,6 miliar).

Bola sekarang dimiliki Jimmy Stewart Jr, anak dari Jimmy Stewart yang merupakan salah satu anggota tim basket Kanada saat itu. "Bola agak kasar, kempis dan dijahit seperti bola voli sat ini," ujarnya disitat insidethegame dari Kansas City Star, Jumat (16/5).

Saat itu, cerita Jimmy, pertandingan dilakukan di luar ruangan dan dimenangkan tim AS. Karena untuk menjadikan cendera mata, ayah Jimmy mengambilnya dan dititipkan ke istrinya yang kemudian menyembunyikannya di bawah gaun. Selanjutnya tim Kanada kembali ke negaranya menggunakan feri.

Stewart senior sendiri meninggal pada 1990 dan Jimmy tetap menyimpan bola tersebut meski sekarang akhirnya ingin dilelang. Jimmy yang sekarang berusia 75 tahun, sebenarnya sudah melakukan lelang tahun lalu. Dengan dalih ingin mencari dana kuliah bagi 11 cucunya, Jimmy harus gigit jari setelah tidak ada penawaran tertinggi karena kurang promosi.

Tapi melalui koneksi, Jimmy akhirnya menyerahkan bola ke promotor di Overland Park, Kansas. Promotor yang dimaksud adalah Keith Zimmerman. Dialah orang yang selama ini banyak melelang barang-barang memorabilia olahraga di Baltimore.

"Ini adalah bagian yang luar biasa dari sejarah olahraga. Apalagi pihak AS yang harus memiliki bola tersebut belum mempunyainya,"kata Zimmerman sambil menambahkan jika bola tersebut dibeli oleh orang AS akan sangat ideal. " Ini kesempatan bagi Amerika untuk membelinya dan membawanya pulang, " sambung Zimmerman.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 5.4010 seconds (0.1#10.140)