Klub Besar Masih Kuasai Persaingan Eropa

Rabu, 13 Agustus 2014 - 19:53 WIB
Klub Besar Masih Kuasai Persaingan Eropa
Klub Besar Masih Kuasai Persaingan Eropa
A A A
JAKARTA - Persaingan klub-klub besar Eropa dinilai masih stagnan atau belum mengalami perubahan signifikan. Aktifitas bursa transfer ditenggarai menjadi penyebabnya. Hal tersebut disampaikan oleh pengamat sepak bola, Gita Suwondo dan Ronny Pangemanan dalam sebuah konferensi pers di bilangan Blok M Jakarta Selatan, Rabu (13/8).

Menurutnya, aktifitas transfer yang hanya mampu dilakukan oleh klub-klub besar membuat dominasi liga bisa kembali dikuasai klub tersebut. Sebut saja klub Liga Inggris seperti Arsenal, Chelsea dan Manchester City yang menghamburkan uang untuk membeli sejumlah pemain top Eropa. Sementara klub Italia yhanya AS Roma dan Juventus yang melakukan pembelian pemain.

Sedangkan klub asal Spanyol dan Jerman seperti Real Madrid, Barcelona dan Bayern Muenchen juga membuat dominasinya semakin kuat akibat mega transfer yang dilakukannya musim ini. "Seharusnya Juve bisa bertahan sebagai juara musim depan, karena mereka cukup mumpuni untuk kembali jadi juara. Pesaingnya masih Roma dan Napoli," tutur Gita.

Sedangkan menurut Ronny yang akrab disapa Ropan ini menilai klub seperti Muenchen dan PSG tetap menjadi kandidat terkuat juara di liga masing masing. "Masih seperti musim lalu, PSG masih berpeluang juara, Monaco masih punya peluang untuk mengganggu dominasi PSG. Kalau Bayern masih sangat superior karena jumlah uang yang lebih besar," ucap Ropan.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2316 seconds (0.1#10.140)