Sundulan Ronaldo antar Portugal ke semifinal

Jum'at, 22 Juni 2012 - 04:10 WIB
Sundulan Ronaldo antar Portugal ke semifinal
Sundulan Ronaldo antar Portugal ke semifinal
A A A
Sindonews.com – Portugal harus berterima kasih kepada Cristiano Ronaldo. Kapten Portugal itu menjadi pahlawan setelah sundulannya di menit ke-79 mengoyak jala Republik Ceko yang dikawal Petr Cech di babak perempat final Piala Eropa 2012 dini hari tadi.

Sebiji gol Ronaldo mengantarkan Seleccao das Quinas menembus semifinal Piala Eropa 2012. Di babak semifinal, Portugal menunggu pemenang pertandingan antara Spanyol melawan Prancis.

Dalam laga yang disaksikan 55 ribu penonton di Stadion Nasional, Warsawa, Polandia, dini hari tadi, gol Ronaldo mengakhiri nasib sialnya setelah dua kali tendangannya membentur mistar gawang Cech. Itu gol ketiga yang dicetak striker Real Madrid tersebut dalam Piala Eropa 2012.

Dua gol sebelumnya dicetak CR7 ke gawang Belanda di laga terakhir Grup B. Tambahan satu gol itu menempatkan Ronaldo dalam daftar top scorer sementara bersama Alan Dzagoev dari Rusia, Mario Mandzukic (Kroasia) dan Mario Gomez (Jerman).

Ronaldo mencetak gol setelah memanfaatkan umpan crossing dari Joao Moutinho dari sisi kiri Rep. Ceko. Dengan kecerdikannya, Ronaldo tidak langsung mengarahkan bola ke gawang. Ronaldo terlebih dahulu memantulkan bola ke tanah yang akhirnya menaklukkan Cech.

Sebelumnya, Portugal dibuat kerepotan oleh Republik Ceko di babak pertama. Agresivitas Vladimir Darida dan Vaclav Pilar mampu membuat benteng Portugal yang digalang Pepe kalang kabut.

Selama 45 menit, kedua tim sangat minim menciptakan peluang gol. Tercatat, hanya tiga peluang yang mengarah ke gawang. Pada menit-25, kapten Portugal, Cristiano Ronaldo memperoleh peluang, tapi tendangannya mampu diblok oleh Petr Cech. Namun, sebelum melepaskan tendangan di area kotak penalti, Ronaldo dianggap melakukan pelanggaran terhadap pemain Rep. Ceko.

Tiga menit kemudian, giliran Rep. Ceko yang melancarkan serangan melalui Theodor Gebre Selassie dari sektor kiri Portugal. Selassie yang melakukan tusukan hingga kotak penalti memberikan umpan silang kepada Vaclav Pilar. Untung, crossing Selassie mampu dipotong oleh Pepe yang sigap membuang bola.

Satu-satunya peluang emas diperoleh Ronaldo yang lolos dari pengawalan pemain Rep. Ceko di sisi kiri gawang Cech. Namun, tendangan Ronaldo hanya membentur tiang gawang di menit ke-44.

Dalam laga itu, wasit Howard Webb mengeluarkan tiga kartu kuning. Dua kartu kuning diberikan kepada pemain Portugal, Nani pada menit ke-26 dan Miguel Veloso (27’) serta satu kartu kuning untuk pemain Rep. Ceko, David Limbersky (90’).

Susunan Pemain:
Republik Ceko (4-2-3-1):


Petr Cech (gk/c); Theodor Gebre Selassie, Tomas Sivok, Michal Kadlec, David Limbersky: Jaroslav Plasil, Tomas Hubschman/Tomas Pekhart (86); Petr Jiracek, Vladimir Darida/Jan Rezek (61’), Vaclav Pilar; Milan Baros

Pelatih: Michal Bilek

Portugal (4-3-3)

Rui Patricio (gk); Joao Pereira, Bruno Alves, Pepe, Fabio Coentrao; Miguel Veloso, Joao Moutinho, Raul Meireles/Rolando (88’); Nani/Custodio (84’), Helder Postiga/Hugo Almeida), Cristiano Ronaldo (c)

Pelatih: Paulo Bento

Wasit : Howard Webb (Inggris)

(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8498 seconds (0.1#10.140)
pixels