Cegah Bianchi Jilid 2, FIA Ubah Aturan

Sabtu, 11 Oktober 2014 - 16:16 WIB
Cegah Bianchi Jilid 2, FIA Ubah Aturan
Cegah Bianchi Jilid 2, FIA Ubah Aturan
A A A
SOCHI - Otoritas lomba balap mobil Formula 1 akan mengubah aturan. Ini dilakukan agar kejadian yang dialami Jules Bianchi tidak terulang.

Kejadian di Suzuka sampai sekarang masih terus menjadi pembicaraan. Silang pendapat soal siapa yang harus bertanggung jawab pun belum surut. Di sisi lain, kondisi pembalap tim Marussia itu pun masih terus berjuang untuk hidup setelah mengalami cedera otak serius.

"Kemungkinan keputusan perubahan akan dilakukan, salah satunya memperlambat kecepatan pembalap saat terjadi kecelakaan," tutur Direktur Perlombaan FIA Charlie Whiting di Sochi, disitat crash, Sabtu (11/1).

Dan untuk membahas persoalan itu FIA dan Formula 1 akan segera mengadakan pertemuan guna membahas insiden Bianchi. Dari penyeledikan sementara diketahui, jika setelah Adrian Sutil mengalami kecelakaan tidak semua pembalap menahan laju kendaraannya meski bendera kuning sudah dikibarkan.

Namun batas kecepatan pembalap tidak bisa dikendalikan dan sepertinya di GP Rusia ini belum bisa diberlakukan. Menurut Whiting banyak sistem perangkat di mobil yang sudah terintegrasi dan sulit dipastikan apakah berfungsi dengan benar.

Whiting kembali menegaskan soal kecelakaan maut Bianchi. Menurutnya, semua prosedur sudah dilakukan termasuk pengibaran bendera kuning oleh marshal. Bahkan sebelum kecelakaan bendera hijau sudah dikibarkan.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5280 seconds (0.1#10.140)