Penyesalan wenger

Minggu, 25 Januari 2015 - 11:39 WIB
Penyesalan wenger
Penyesalan wenger
A A A
LONDON - Permintaan Arsene Wenger agar Departemen Tenaga Kerja (Depnaker) Inggris menghapus peraturan mendapat perlawanan. Pelatih West Ham United Sam Allardyce menilai hukum tersebut harus ada demi melindungi sepak bola Inggris.

Wenger menilai syarat pemberian izin pemain untuk mengadu nasib di Liga Primer sulit dipenuhi. Akibatnya, dia gagal mendatangkan banyak pemuda berbakat yang kemudian berkembang pesat. Teranyar, Wenger mengaku hampir membeli Angel di Maria saat masih remaja jika tidak dihalangi undang-undang tersebut.

”Bagaimana agar Liga Primer menjadi kompetisi terbaik di dunia? Klub harus memproduksi pemainpemain terhebat. Kami harus mencari berlian muda dari penjuru muka bumi. Bakat-bakat impor juga bisa mendorong pendidikan talenta lokal. Mereka tumbuh bersama,” kata Wenger, dikutip Eurosport. Allardyce menolak pandangan tersebut.

Dia menilai pesepak bola asing sudah mendominasi klub Liga Primer hingga akademi. Kondisi demikian otomatis memperkecil ruang gerak anak-anak lokal. Dampaknya pun merembet ke tim nasional. ”Wenger berkata demikian karena bekerja di sini. Jika berkarier di Prancis, saya yakin dia punya pandangan serupa seperti saya.

Talenta Inggris bakal berjalan di tempat saat kami membuka pintu lebar-lebar. Sebaliknya, kami justru harus mencari cara agar remaja Inggris mendapat tempat ekstra,” tandas Allardyce. Tidak seperti negara Eropa lain, Inggris memiliki aturan tenaga kerja asing. Pemain harus melakoni minimal 75% pertandingan bersama tim nasional (timnas) dalam dua tahun terakhir demi mengantongi lisensi.

Selain itu ada syarat tambahan, yakni timnas yang bersangkutan harus berada di 70 besar daftar peringkat FIFA. Kalau klausul ini tidak terpenuhi, klub boleh meminta dengar pendapat. Di sana mereka mesti meyakinkan Depnaker bahwa pemain asing yang didatangkan akan memberi kontribusi positif pada pertumbuhan sepak bola Inggris.

West Ham menjalani prosedur itu ketika merekrut Enner Valencia asal Ekuador. Arsenal dan Wenger dipastikan mesti banding jika jadi memboyong bek Villarreal Gabriel Paulista yang belum pernah memperkuat timnas Brasil. ”Peraturan yang ada sudah baik. Pemain bisa mengantongi izin asalkan bakatnya teruji,” ujar Allardyce.

Dengan banyak talenta lepas dari genggamannya, Wenger harus ”puas” mengandalkan pemain yang dimilikinya sekarang. The Gunnersberusaha mempertahankan Piala FA melalui kemenangan atas Brighton & Hove Albion pada babak IV di Falmer Stadium, hari ini. Wenger berpeluang memasukkan Mesut Oezil ke dalam tim utama setelah lama absen akibat cedera. Theo Walcott dan Wojciech Szczesny juga berpotensi menjadi starter.

Harley ikhsan
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7502 seconds (0.1#10.140)