10 Sirkuit Terindah di Dunia

Selasa, 10 Februari 2015 - 13:18 WIB
10 Sirkuit Terindah di Dunia
10 Sirkuit Terindah di Dunia
A A A
JAKARTA - Gelaran lomba balap mobil Formula 1 tak lama lagi akan menyapa penggemarnya. Sejumlah persiapan sudah dilakukan semua tim yang akan berlaga, pun dengan semua kota di negara yang akan menjadi arena balap musim 2015.

Namun tahukah Anda dari sejumlah sirkuit tersebut ada beberapa arena yang masuk dalam kategori terindah. Setidaknya berdasarkan penilaian situs therichest.

Dan berikut ini 10 sirkuit terindah di dunia :
1. Circuit de Monaco-Monte Carlo, Monaco
10 Sirkuit Terindah di Dunia


Sirkuit yang berada di sebuah negara kecil ini terbilang indah karena selain ajang balap digelar di jalan raya, sekeliling sirkuit penonton plus pembalap akan disuguhi pemandangan laut indah. Sirkuit ini kali pertama dipakai pada 1929 lalu saat Grover Williams keluar sebagai juara kali pertama saat mengemudikan Bugatti.

2. Autodromo di Monza – Monza, Italia
10 Sirkuit Terindah di Dunia


Sirkuit ini berada di sebelah utara Milan. Kota ini sangat indah dan menyimpan banyak sejarah duna. Pengunjung sebelum menyaksikan balapan, bisa menikmati bangunan-bangunan tua di sana. Maklum, dulunya Monza merupakan salah satu kota tersibuk dengan banyaknya berdiri perbankan di abad pertengahan. Selain itu, pengunjung juga bisa berbelanja, mengingat Monza juga terkenal dengan produk fashionya.

3. Circuit Gilles-Villeneuve – Montreal, Kanada
10 Sirkuit Terindah di Dunia


Dibandingkan dengan sirkuit lainnya, arena balap yang berlokasi di Montreal, Kanada tersebut terbilang paling sederhana. Dipakai sejak 1978, sirkuit ini terletak di sebuah pulau buatan di tepi Sungai St. Lawrence. Di lokasi ini pun banyak berdiri bangunan bersejarah.

4. Circuit de Spa-Francorchamps – Stavelot, Belgia
10 Sirkuit Terindah di Dunia


Sirkuit ini berada di sebuah pedesaan. Selama ini tidak banyak yang berubah dari bangunan. Kota Stavelot yang menjadi lokasi sirkuit selama ini mempunyai karnaval tradisional, Laetare des Blancs-Moussis.

5. Silverstone – Northamptonshire/Buckinghamshire, Inggris
10 Sirkuit Terindah di Dunia


Sirkuit dibuka pada 1948 dengan kondisi awal saat itu sebagai bekas lapangan terbang militer kerajaan Britania Raya. Sejak saat itu berbagai macam renovasi mulai dilakukan agar sirkuit tidak terlalu terlihat seperti lapangan terbang, dan renovasi terakhir dilakukan di musim 2010 seiring berbagai macam balapan yang singgah di sirkuit ini selain F1 seperti MotoGP, dan Superleague Formula.

6. Hockenheimring – Hockenheim, Baden-Wurttemberg, Jerman
10 Sirkuit Terindah di Dunia


Pertama kali didirikan pada tahun 1930 sebagai salah satu basecamp tentara Jerman sewaktu Perang Dunia II, pada 1960 sirkuit ini kemudian dimodifikasi sehingga panjangnya menjadi 6,5 km. Renovasi terakhir dilakukan pada 2002 dengan memendekan sirkuit menjadi hanya 4,5 km saja.

7. Sepang International Circuit – Kuala Lumpur, Malaysia
10 Sirkuit Terindah di Dunia


Sirkuit yang dirancang oleh Herman Tilke dibuka pada 1999. Sirkuit menjadi idaman beberapa pembalap karena lebar lintasan dan disamping suasana yang menantang.

8. Hungaroring – Mogyoród, Hongaria
10 Sirkuit Terindah di Dunia


Hungaroring merupakan salah satu sirkuit yang terletak di pinggiran Budapest, Hongaria. Sirkuit ini memiliki panjang 4.381 km. Sirkuit ini dipakai untuk balapan macam Formula Satu dan GP2. Jumlah tikungan 16. Di Formula 1 ada 3 pembalap yang meraih kemenangan pertama di sirkuit ini yaitu Fernando Alonso (2003), Jenson Button (2006) dan Heikki Kovalainen (2008).

9. Albert Park – Melbourne, Australia
10 Sirkuit Terindah di Dunia


Sirkuit yang berada di Kota Melbourne merupakan semi permanen. Lokasinya berada di sekitar Danau Albert Park, hanya beberapa kilometer di selatan dari pusat kota Melbourne. Lintasan ini digunakan sekali setahun sebagai sirkuit untuk Australian Grand Prix dan balapan pendukungnya.

Sirkuit ini menggunakan bagian jalanan yang mengelilingi Danau Albert Park, danau kecil buatan manusia di sebelah selatan dari Central Business District of Melbourne. Bagian jalan yang digunakan dibangun ulang pada tahun perdana 1996 untuk memastikan kehalusannya. Sebagai hasilnya, bila dibandingkan dengan sirkuit lain yang dibangun di jalanan umum, Albert Park sangat halus sebagai lintasan balap dan menjadi satu dari sedikit sirkuit formula 1 yang lain yang memiliki wilayah perairan di pinggir lintasan.

10. Circuit of the Americas – Austin, Texas
10 Sirkuit Terindah di Dunia


Circuit of the Americas (sebelumnya bernama Sirkuit Internasional Austin) merupakan sebuah sirkuit balap mobil Formula 1 dengan panjang 5,5 km (3,4 mil) yang terletak di negara bagian Texas, Amerika Serikat, tepatnya di daerah Austin, Texas. Sirkuit ini dirancang oleh Hermann Tilke, dan pertama kali diajukan proposalnya pada pertengahan 2010.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6029 seconds (0.1#10.140)