Tim McLaren Beberkan Hasil Penyelidikan Kecelakaan Alonso

Selasa, 24 Februari 2015 - 09:01 WIB
Tim McLaren Beberkan Hasil Penyelidikan Kecelakaan Alonso
Tim McLaren Beberkan Hasil Penyelidikan Kecelakaan Alonso
A A A
BARCELONA - Tim McLaren merilis hasil penyelidikan menyusul kecelakaan yang menimpa Fernando Alonso saat menjalani tes pramusim Formula 1 di hari ketiga yang berlangsung di Sirkuit de Catalunya, Barcelona, akhir pekan kemarin. Hasil penyelidikan tahap awal diketahui bahwa ini tidak ada kaitannya dengan masalah kelistrikan jet darat melainkan angin kencang yang datang secara tiba-tiba yang membuat ketidaksbalitan MP4-30 saat bekas pilot Ferrari mengemudikan kendaraan super cepat tersebut.

"Selama 24 jam terakhir, kami telah melakukan analisis terkait kerusakan mobil Fernando. Kami berusaha mengumpulkan data telemetri agar dapat sepenuhnya memahami penyebab kecelakaan itu. Pada tahap awal ini, kami mampu menemukan beberapa kesimpulan," demikian pernyataan resmi tim McLaren seperti dilansir ESPNF1, Selasa (24/2/2015).

Alonso menabrak dinding pembatas di putaran ketiga saat memacu kendaraanya dengan kecepatan 150mph. Padahal dia sempat berusaha menghindari kecelakaan itu dengan berusaha mengurangi kecepatannya saat berada di Astroturf (zona hijau yang ada di pinggir lintasan). Namun dia malah kehilangan ketidakstabilan pada jet daratnya akibat kehilangan traksi.

"Kecepatan mobil Fernando melebar saat di tikungan ketiga, sehingga memungkinkan dia untuk menjalankan kendaraannya ke Astroturf yang melapisi bagian luar trek. Akibatnya dia kehilangan traksi yang menyebabkan tingkat ketidakstabilan. Temuan kami menunjukkan bahwa kecelakaan itu disebabkan oleh angin kencang yang datang secara tiba-tiba dan itu sempat mempengaruhi pembalap lain yakni, Carlos Sainz Jnr. Dari hasil penyelidikan awal ini kami dapat menyatakan bahwa tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa mobil Fernando menderita kegagalan mekanis. Kami juga dapat mengonfirmasi jika tidak ada tekanan aerodinamis," tutup pernyataan resmi McLaren.

Sementara itu, kondisi Alonso sendiri saat ini dalam keadaan baik. Bahkan sang manajer Luis Garcia mengklaim jika pembalap berkebangsaan Spanyol itu bakal turun di seri pembuka Formula 1 di Grand Prix Australia pada 15 Maret mendatang.

"Dia baik-baik dan saya tidak berpikir akan ada masalah untuk itu (berlaga di Australia). Dampaknya memang cukup kuat tapi untungnya itu bukan hal serius. Dia sadar dan bisa berbicara," terang Garcia.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3075 seconds (0.1#10.140)