Inilah Lima Superstar F1 Jebolan Formula 3

Kamis, 23 April 2015 - 21:03 WIB
Inilah Lima Superstar F1 Jebolan Formula 3
Inilah Lima Superstar F1 Jebolan Formula 3
A A A
BARCELONA - Balapan Formula 3 relatif tidak terlalu dilirik karena ada kasta balap jet darat yang lebih tinggi yakni Formula 1. Namun siapa sangka, sejumlah legenda balap F1 lahir dari ajang balap Formula 3.

Bisa disebut tempat menggodok bakat para pembalap muda, sedikitnya lima pembalap legendaris F1 lahir dari ketatnya kompetisi F3. Alasan paling masuk akal mungkin adalah penggunaan tipe mesin yang sama antara F1 dan F3, sehingga pembalap bisa beradaptasi dengan cepat ketika naik kasta.

Sejumlah nama seperti Ayrton Senna dan Michael Schumacher adalah produk lulusan F3. Keduanya boleh disebut legenda balap F1, terutama Schumi yang mencatatkan tujuh gelar dunia yang belum bisa diputus pembalap mana pun. Untuk lebih jelasnya, berikut lima legenda balap F1 yang lahir dari ajang balap Formula 3.

1. James Hunt
Inilah Lima Superstar F1 Jebolan Formula 3


James Hunt pertama kali terjun ke kompetisi balap Formula 3 pada tahun 1969. Pembalap yang dikenal ganas saat menggerus aspal berkarakter trek lurus cukup berprestasi di ajang tersebut di mana ada keterlibatan Gowrings of Reading sebagai pemasok dananya. Sayang, beberapa insiden turut memberikan andil kegagalan Hunt di sini. Seperti saat izin balapnya dicabut pada balapan di Crystal Palace menyusul baku hantam dengan rivalnya, Dave Morgan, di atas trek. Dari Formula 3, karir Hunt langsung melejit saat terjun ke Formula Satu bersama tim Hesketh dan McLaren.

2. Ayrton Senna
Inilah Lima Superstar F1 Jebolan Formula 3


Formula 3 menjadi ajang yang pertama kali mengangkat nama mendiang Ayrton Senna di dunia balap internasional. Setelah menjuarai Karting World Championship dan tampil pada Townsend-Thoreson Formula Ford 1600 Championships, Senna terjun ke F3 British untuk berkompetisi selama satu musim.

Saat itu, duel ketat terjadi antara dirinya dengan pembalap Eddie Jordan yang kemudian malang melintang juga di Formula Satu, Martin Brundle. Beberapa kali dirinya terlibat tabrakan dengan Brundle demi memperebutkan mahkota juara di akhir musim. Sempat mencicipi F3 Macau bersama tim Theodore Racing, ia naik kelas ke Formula Satu pada 1984 dan cukup banyak podium.

3. Jacques Villeneuve
Inilah Lima Superstar F1 Jebolan Formula 3


Villeneuve merupakan lawan terberat Schumi, khususnya saat sukses menjadi juara dunia di msuim 1997 bersama tim Rothmans Williams Renault. Namun, jauh sebelum ia terjun ke Formula Satu, putra mendiang Gilles Villeneuve sempat terjun di beberapa kejuaraan Formula 3.

Tiga musim ia habiskan di Italian Formula 3 sebelum meraup kesuksesan di All-Japan Formula Three Championship dengan sukses menjadi juara kedua pada musim 1992 bersama TOM's. Balapan terbaiknya di F3 mungkin ketika GP Macau di mana ia bersaing ketat dengan Hakkinen sebelum berakhir di tembok pengaman.

4. Michael Schumacher
Inilah Lima Superstar F1 Jebolan Formula 3


Sukses merengkuh gelar juara dunia sebanyak tujuh kali, Schumi juga mencatatkan beberapa rekor khususnya dalam jumlah kemenangan, fastest lap hingga pole position terbanyak sepanjang sejarah F1 bersama Ferrari sebelum akhirnya dipatahkan oleh juniornya, Sebastian Vettel. Perjalanan pria 45 tahun tersebut dimulai kala ia berkompetisi di ajang Formula 3 Jerman usai sukses di beberapa ajang pendahulu seperti Formula Ford Jerman dan Formula Konig.

Bersama WTS Formula Three team, Schumi mampu merengkuh gelar juara di musim 1990 plus gelar juara di GP Macau. Dari situ, para pemandu bakat Mercedes mengajaknya bergabung ke dalam akademi junior untuk World Sports-Prototype Championship. Sebelum akhirnya melangkah ke Formula 1.

5. Sebastian Vettel
Inilah Lima Superstar F1 Jebolan Formula 3


Tercatat sebagai juara dunia termuda sepanjang sepanjang Formula 1, Vettel tetap harus berterima kasih kepada Formula 3. Pasalnya, pembalap berpaspor Jerman yang mulai menggerus aspal di usia lima tahun, terjun ke ajang penggodokan Formula 3 Euro Series pada 2005 dan sukses meraih predikat rookie terbaik. Dia juga sempat beradu kemampuan untuk pertama kalinya dengan Lewis Hamilton di GP Jerman meski gagal merengkuh gelar juara. Musim 2006 jadi musim terbaik untuk Vettel karena ia sukses finish kedua di belakang Paul Resta pada ajang F3 Euroseries.
(bep)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5851 seconds (0.1#10.140)