Menyoal Hasil Manager Meeting Liga 1 2020, Begini Respon Arema

Minggu, 09 Agustus 2020 - 02:02 WIB
Terkait hasil meeting tersebut, manajemen Arema FC siap untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru yang akan diterapkan di kompetisi lanjutan Liga 1 2020 / Foto: LIB
JAKARTA - PT Liga Indonesia Baru (LIB) terus mematangkan persiapan kelanjutan kompetisi Liga 1 2020. Operator kompetisi sepak bola nasional itu menggelar Club Meeting di Hotel Fairmont, Jakarta, Jumat (7/8) sore WIB.

Agenda Meeting kali ini merupakan koordinasi lanjutan dari virtual meeting beberapa waktu lalu. Dalam klub Meeting ini seluruh kontestan Liga 1 2020 tidak ada yang absen. Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita mengatakan, ada beberapa hal yang dibahas dalam klub Meeting di antaranya soal akomodasi, subsidi, jadwal pertandingan, regulasi memainkan pemain U-20 dan juga protokol kesehatan.

Terkait hasil meeting tersebut, manajemen Arema FC siap untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru yang akan diterapkan di kompetisi lanjutan Liga 1 2020. "Pada prinsipnya Arema FC memberikan apresiasi kepada kinerja LIB, apa yang sudah dirumuskan sudah dapat terimplementasi secara terpadu di pertandingan," ungkap media officer Arema FC, Sudarmaji dikutip dari laman resmi klub. (Baca juga: Buffon: Tersingkir di Liga Champions Dunia Belum Kiamat, Masa Depan Cerah )

Secara umum, tidak ada perubahan besar hanya perlu ada adaptasi yang harus dilakukan oleh klub karena berkaitan dengan situasi pandemi. Beberapa hasil keputusan manager meeting yang dilakukan oleh LIB dan 18 klub antara lain adalah keputusan format kompetisi, yakni menggunakan sistem double round robin (home & away) yang tersentralisasi di Pulau Jawa.

Keputusan krusial lainnya adalah tidak adanya degradasi di kompetisi Liga 1 2020, pergantian pemain menjadi 5 pemain sesuai dengan law of the game 2019/2020. Terkait pendaftaran pemain tahap kedua tetap dibuka, tetapi tidak boleh melakukan transfer pemain antar klub Liga 1 2020. Pendaftaran masih bisa dilakukan sepanjang pemain tidak terdaftar dalam klub Liga 1 2020. (Baca juga: Matangkan Persiapan, Arema Agendakan Laga Uji Coba )



Hal lainnya adalah berkaitan dengan kewajiban memasukkan minimal 2 Pemain U20 dalam 18 nama di Daftar Susunan Pemain. Dalam lanjutan kompetisi Liga 1 2020 Penerapan protokol kesehatan menjadi hal yang wajib dilakukan oleh klub.

"Demi keselamatan bersama, kita harus menerapkan kebiasaan baru. Arema FC siap untuk beradaptasi dengan aturan-aturan yang sudah ditetapkan selama masa Pandemi Covid-19 ini," imbuhnya.

Keputusan berikutnya adalah mengenai penyesuaian Standar kelayakan venue pertandingan mengingat banyak klub yang berpindah home base. Poin terakhir adalah klub wajib melepas pemain yang mendapat panggilan timnas.
(bbk)
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More