Intip Deretan Aturan Baru Euro 2024, Lengkap dengan Teknologi Pendukungnya

Rabu, 12 Juni 2024 - 15:18 WIB
VAR akan beroperasi sepanjang turnamen. Operasionalnya memiliki dua asisten VAR dan tiga operator video. Semua sumber daya tadi akan ditempatkan di pusat teknologi sepak bola di Leipzig, Jerman. Seperti di Liga Premier, mereka akan memeriksa kesalahan yang jelas dan nyata terkait dengan gol, insiden penalti, kartu merah, dan kesalahan identitas.

3. Penentuan Offside Semi-otomatis



Menyusul kesuksesannya di Piala Dunia di Qatar, UEFA mengonfirmasi bahwa akan memakai sistem penentuan offside semi-otomatis di Euro 2024 . Setiap pertandingan nantinya memakai teknologi untuk mengirimkan data lokasi ke ofisial lapangan. Data yang diberikan juga akan digunakan untuk menentukan titik kontak, serta situasi handball.

Teknologi ini digabungkan melalui posisi pemain via kecerdasan buatan (artificial intelligent/AI) untuk membantu dalam mengambil keputusan offside lebih cepat. Sebanyak 10 kamera khusus dipasang di setiap stadion untuk melacak pergerakan pemain secara akurat apakah seorang pemain berada dalam posisi onside atau offside.



4. Teknologi Garis Gawang



Sebuah sistem yang telah digunakan sejak 2016, teknologi garis gawang akan kembali beroperasi di Euro 2025. Setiap gawang dilengkapi dengan tujuh kamera untuk menilai secara akurat apakah sebuah bola telah melewati garis. Wasit dilengkapi dengan jam tangan yang akan bergetar untuk menandakan gol dalam hitungan detik setelah bola melewati garis.

5. Babak Grup



Sebanyak 24 tim bakal ambil bagian dalam turnamen terbesar Eropa dan bakal dibagi menjadi enam grup yang masing-masing terdiri dari empat tim. Masing-masing pihak akan memainkan tiga pertandingan grup masing-masing dan dua teratas dari setiap grup akan maju secara otomatis dengan hanya menyisakan 12 tim. Setelah itu, empat dari enam tim peringkat ketiga dengan performa terbaik juga akan melaju ke babak sistem gugur.

MG/Maulana Kusumadewa Iskandar
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More