8 Pelatih Asing Timnas Indonesia, Nomor 6 Pernah Bawa Spanyol Kampiun Piala Eropa

Rabu, 10 November 2021 - 15:51 WIB
Angin segar sempat berhembus ketika Luis Milla Aspas ditunjuk menangani Timnas Indonesia. Pelatih asal Spanyol tersebut membawa warna berbeda bagi gaya bermain sepak bola Indonesia.

Bahkan tidak hanya fokus pada Timnas senior, Milla ikut membangun fondasi pengembangan sepak bola dari akar rumput. Bersama Direktur Teknik PSSI saat itu Danurwindo, Milla memprakarsai hadirnya Kurikulum Sepak bola Indonesia yang dinamakana dengan Filanesia.

Memang tidak ada prestasi yang dibanggakan Milla untuk timnas Indonesia, akan tetapi kehadirannya di sepak bola Indonesia pada periode 2017-2018 cukup membawa angin segera bagi perkembangan sepak bola Indonesia mengingat Milla pernah membawa Timnas Spanyol U-21 kampiun Piala Eropa 2011.

7. Simon McMenemy/Skotlandia



Kursi kepelatihan Timnas juga pernah diduduki pelatih asing asal Skotlandia, Simon McMenemy. Simon digaet PSSI pada 2018, menggantikan pelatih timnas terdahulu, Bima Sakti.

Sebelum melatih timnas, McMenemy terlebih dianggap sukses melatih Bhayangkara FC. Berkat tangan dinginnya, Bhayangkara FC menjuaraiLiga 1 2017.

Simon sebelumnya juga pernah melatih Timnas Filipina pada 2010 dan membawa tim tersebut lolos hingga ke semifinal Piala AFF. Akan tetapi, kemahiran McMenemy di Bhayangkara FC dan Filipina tidak begitu terlihat saat memandu timnas Indonesia.

Pada Kualifikasi Piala Dunia 2022, Skuad Garuda justru menjadi pesakitan dimana sama sekali tak meraih kemenangan hingga digantikan Shin Tae-Yong. Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Malaysia, Thailand, UEA dan Vietnam.

Berkat rapor merahnya ini membuat Simon dicopot dari jabatan pelatih timnas pada 2019 dan sempat digantikan asistennya yakni pelatih karetaker Yeyen Tumena.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More