12 Petinju Paling Cerdas Sepanjang Masa: Nomor 9 Penemu Shadow Boxing

Kamis, 17 November 2022 - 13:27 WIB
9. George Dixon

Petinju kulit hitam pertama yang memenangkan gelar juara dunia dan penemu praktik shadow boxing, "Little Chocolate" bisa dibilang master sejati pertama olahraga ini. Dipuji selama kariernya sebagai petinju terbaik sepanjang masa, Dixon adalah ahli tipuan dan inovator sejati baik dalam hal taktik maupun metode pelatihan. Tekniknya sangat memengaruhi orang-orang setelahnya, termasuk Joe Gans dan Jack Johnson.

8. James Corbett

Dalam hal teknik, Corbett adalah salah satu pionir hebat karena dia menekankan gerak kaki, gerakan menyamping, dan penggunaan jab yang efektif. Kemenangannya atas John L. Sullivan pada tahun 1892 menandai kemenangan besar bagi otak atas otot dan titik balik tinju.

7. Holman Williams

Pengaruh besar pada Joe Louis yang hebat, Williams adalah salah satu petinju paling tajam dan terpandai pada masanya dan salah satu yang paling dihindari. Pelatih legendaris Eddie Futch mengklaim Williams adalah petinju murni terbaik yang pernah dia lihat dan bahwa dia lebih suka menonton tinju bayangan Williams daripada kebanyakan petinju lain yang benar-benar bertarung.

6. Jim Driscoll

Semasa hidupnya banyak yang menganggap Jim “Peerless” sebagai petinju terhebat yang pernah hidup, seperti penguasaannya terhadap lingkaran kuadrat. Mengingat dia memegang kemenangan atas sesama tokoh George Dixon dan Abe Attell, penilaian ini tidak dapat diabaikan sebagai hiperbola belaka.

Driscoll melanjutkan untuk menulis empat buku tentang teknik tinju - Buku Teks Tinju, Pertarungan Luar, Kerajinan Ring dan Kiri Lurus - dan mereka tetap menjadi salah satu risalah paling rinci yang pernah ditulis di The Sweet Science. Ide-idenya telah memengaruhi petinju yang tak terhitung jumlahnya dan bahkan seniman bela diri elit seperti Bruce Lee.

5. Bob Fitzsimmons
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More