Nuansa Batak Sambut Pembalap F1 Powerbot di Bandara Sisingamangaraja XII

Rabu, 22 Februari 2023 - 22:02 WIB
loading...
Nuansa Batak Sambut Pembalap F1 Powerbot di Bandara Sisingamangaraja XII
Sejumlah ornamen di Bandara Sisingamangaraja XII, di Tapanuli Utara, Sumatera Utara/Foto/Dokumentasi AP II
A A A
TAPANULI UTARA - Nuansa Batak menyambut para wisatawan dan pembalap yang akan tampil di F1 Powerboat Lake Toba 2023 . Suasana budaya dan kesenian Batak sudah terasa sejak di Bandara Sisingamangaraja XII, di Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

Kejuaraan dunia F1 Powerboat 2023 akan digelar di Danau Toba, Sumatera Utara, 25-26 Februari 2023. Sejak 16 Februari 2023, delegasi F1 Powerboat Lake Toba 2023 sudah tiba di Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta untuk kemudian melanjutkan penerbangan ke Bandara Raja Sisingamangaraja XII.



Pada Minggu (19/2/2023), Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Maria Kristi dan Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin turut menyambut kedatangan Senior Vice President H2O Lavinia Sanzovo Cavallero di Bandara Raja Sisingamangaraja XII. Kedatangan delegasi di Bandara Raja Sisingamangaraja XII disambut Tarian Tor Tor dan pengalungan kain ulos.

Hingga 20 Februari 2023, jumlah delegasi yang berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta ke Bandara Raja Sisingamangaraja XII sudah mencapai 95 orang. Para delegasi juga ada yang tiba melalui Bandara Kualanamu di Deli Serdang (Sumatera Utara) dan melanjutkan perjalanan darat ke lokasi venue di Tapanuli Utara.



Bandara Raja Sisingamangaraja XII di Tapanuli Utara yang berjarak sekitar 30 menit dari lokasi balapan pun menjadi salah satu pintu masuk utama bagi wisatawan nusantara maupun mancanegara. PT Angkasa Pura II menegaskan pihaknya turut memperkenalkan kekayaan budaya dan kesenian nusantara, jelang F1 Powerboat Lake Toba 2023.

Salah satunya adalah menghadirkan sejumlah kesenian, ornamen, hingga replika Rumah Bolon dan Patung Raja Batak di Bandara Sisingamangaraja XII, di Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

"AP II menjadikan Bandara Raja Sisingamangaraja XII sebagai etalase budaya dan pariwisata. Bandara ini menjadi pintu utama bagi traveler untuk menuju arena F1 Powerboat," ujar Direktur Utama Angkasa Pura (AP) II Muhammad Awaluddin, Selasa (22/2/2023).

"Ribuan wisnus serta wisman akan datang melalui bandara, dan ini menjadi momentum tepat dalam mempromosikan budaya lokal," jelas Awaluddin. "Wisatawan yang baru mendarat di Bandara Raja Sisingamangaraja XII dapat langsung menjumpai replika Rumah Bolon."

AP II juga menghadirkan ornamen seni Gorga yang merupakan seni khas masyarakat Batak Toba serta secara rutin menampilkan pertunjukan musik lokal lengkap dengan alat musik tradisional yang dimainkan oleh seniman lokal.

"Kami berharap kebudayaan dan kesenian yang ditampilkan di Bandara Raja Sisingamangaraja XII dapat memperkuat rasa bangga sebagai bangsa Indonesia dan turut memperkuat semangat kebhinnekaan," ujar Awaluddin.

(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1665 seconds (0.1#10.140)