Antisipasi Kompetisi Diakhiri, Serie A Susun Rencana B

Rabu, 29 April 2020 - 09:05 WIB
loading...
Antisipasi Kompetisi Diakhiri, Serie A Susun Rencana B
Serie A menyusun rencana B untuk mengantisipasi seandainya kompetisi tidak bisa dilanjutkan. Itu termasuk perubahan dalam penentuan degradasi dan promosi. Foto: skysport
A A A
MILAN - Serie A sedang menyusun rencana B untuk mengantisipasi seandainya kompetisi tidak bisa dilanjutkan lagi. Itu termasuk perubahan dalam penentuan degradasi dan promosi yang membuat pesertanya bisa bertambah menjadi 22 tim.

Pemerintah Italia terus menyampaikan kabar beragam mengenai bagaimana, kapan dan bahkan jika laga dilanjutkan lagi setelah melangkah ke Fase 2, terkait respon pandemi Virus Corona pada 4 Mei nanti.

Mengingat semua tim tidak boleh berlatih bersama hingga 18 Mei, waktu dianggap sangat tipis atau tidak mencukupi untuk melanjutkan kompetisi dan diakhiri pada 2 Agustus. Karena itu ada potensi diberlakukan rencana B.

Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) dan Lega Serie A konon akan mengambil langkah itu seandainya musim 2019/2020 berakhir sekarang. Rencana B itu diantaranya kemungkinan diadakan playoff untuk menentukan siapa yang meraih Scudetto.

Lalu, memilih enam tim teratas untuk tampil di kompetisi Eropa musim depan. Ada juga opsi tanpa juara. Ide ini konon dicetuskan Juventus guna menghindari kontroversi dengan Lazio yang musim ini juga punya kans meraih gelar.

Masalah lebih besar adalah penentuan siapa yang terdegradasi dan mendapat promosi. Pasalnya, Benevento yang saat ini memuncaki klasemen Serie B dengan keunggulan 20 poin, akan mengambil jalur hukum jika tidak naik ke Serie A.

Ini mencetuskan ide lain, yakni hanya ada promosi tanpa ada degradasi. Maksudnya, dua klub Serie B bakal naik kelas, dan membuat Serie A musim depan diikuti 22 tim, bukan lagi 20. Opsi lainnya adalah hanya ada dua tim yang promosi dan terdegradasi, bukannya tiga.

Ide lainnya adalah menyangkut pemain. Disebutkan jika tidak ada lagi pertandingan hingga Agustus atau September, gaji mereka akan dipotong. Negosiasi juga akan dilakukan bersama stasiun televisi terkait hak pay-per-view.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1117 seconds (0.1#10.140)