Gabung Persib, Djanur Jamin Essien Tidak Dapat Perlakuan Istimewa

Selasa, 14 Maret 2017 - 19:45 WIB
Gabung Persib, Djanur Jamin Essien Tidak Dapat Perlakuan Istimewa
Gabung Persib, Djanur Jamin Essien Tidak Dapat Perlakuan Istimewa
A A A
BANDUNG - Pelatih Persib Bandung “Djanur” Djadjang Nurdjaman memastikan Michael Essien tidak akan mendapat perlakuan istimewa. Dia mengklaim hadirnya gelandang asal Ghana itu tidak akan mengubah skema permainan Maung Bandung.

Hadirnya Essien dipastikan membuat stok lini tengah Persib semakin menumpuk. Terlebih dengan kebiasaan Djanur menggunakan pola 4-3-3, maka hanya ada dua slot tersisa yang bisa diperebutkan gelandang Persib lainnya.

Ini bisa saja memunculkan masalah baru. Soalnya, Persib sudah punya Atep Rizal, Gian Zola, Dedi Kusnandar, Febri Haryadi, Kim Kurniawan, Hariono dan Ahmad Subagja Baasith. Pastinya, ada salah satu dari mereka yang diyakini bakal tersisih.

Melihat statusnya sebagai bintang kelas dunia, mantan pemain Real Madrid itu dipercaya sudah dijamin akan terus masuk starting line-up Persib selama satu musim ke depan. Terlebih Essien bisa berfungsi ganda baik sebagai gelandang bertahan maupun gelandang serang.

Saat membela Chelsea di Liga Primer, Essien kerap dipercaya pelatih Jose Mourinho jadi motor serangan. Tapi, dalam skema 4-3-3, dia juga bisa jadi gelandang paling dalam yang fungsinya menghentikan serangan lawan, atau mengawal di sisi kanan.

Meski demikian, Djanur tetap percaya diri kehadiran Essien tidak akan mengubah skema bermain Persib, termasuk pola permainan yang menjadi andalannya selama ini. Artinya, pemain berusia 35 tahun itu tidak dijamin akan selalu masuk tim inti Persib.

"Tidaklah, skema permainan Persib tidak akan berubah. Saya tahu dia pemain holding midfielder. Tapi, dia punya kelebihan sebagai attacking midfielder. Jadi mungkin saja kami mainkan sebagai attacking midfielder. Tergantung situasi," ujar Djanur di Graha Persib, Jalan Sulanjana Kota Bandung kemarin.

Sebaliknya, Djanur mengganggap dengan hadirnya Essien, Persib sekarang memiliki banyak alternatif pilihan. Terlebih pemain anyarnya tersebut cukup pandai dalam urusan mencetak gol.

"Saya pikir dengan masuknya Essien bisa punya alternatif walau dia sering main di holding midfielder. Tapi, cara main dia bisa dribling, shooting cetak gol membuat saya lebih banyak pilihan," katanya.

Lebih lanjut, Djanur tidak memungkiri awalnya berniat mengincar pemain asing yang beroperasi sebagai penyerang murni. Keinginan itu muncul setelah striker andalannya Serginho 'Sergio' van Dijk mengalami cedera.

Namun, tanpa diduga jatah satu legiun asing itu sudah terpenuhi dengan mendatangkan bintang yang beroperasi sebagai gelandang, yakni Essien. Tapi, ada kemungkinan pemain impor akan bertambah tergantung regulasi PSSI.

"Kalau untuk striker saya harap regulasi 3+1 (tiga pemain asing non-Asia dan satu pemain asing Asia). Jadi kami punya kesempatan untuk ambil satu striker asing. Tapi, kalaupun tetap 2+1, mudah-mudahan Sergio cepet sembuh," pungkas Djanur.‎
(mir)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3525 seconds (0.1#10.140)