Reaksi Vinales dan Marquez Soal Pembatalan Kualifikasi

Minggu, 26 Maret 2017 - 08:53 WIB
Reaksi Vinales dan Marquez Soal Pembatalan Kualifikasi
Reaksi Vinales dan Marquez Soal Pembatalan Kualifikasi
A A A
LOSAIL - Maverick Vinales bakal memulai debut bersama tim Yamaha pada balapan pembuka di Grand Prix Qatar dari posisi terdepan. Hal ini diketahui setelah sesi kualifikasi yang dijadwalkan berlangsung Minggu (26/3/2017) dini hari WIB, dibatalkan lantaran hujan lebat yang mengguyur Sirkuit Losail.

Ini cukup menguntungkan buat Vinales. Tapi bagaimanapun keputusan Komisi Keselamatan untuk membatalkan kualifikasi sudah tepat. Karena ini sangat membahayakan keselamatan sirkus MotoGP selama mengaspal di lintasan dengan panjang 5,4km tersebut.

Penyebab pembatalan ini lantaran Sirkuit Losail tidak memiliki sistem drainase. Sehingga beberapa genangan air terlihat di turn 3, 4, dan 8. Sebenarnya panitia balapan sempat mengakali agar sirkuit bisa digunakan dengan mengeluarkan air di trek secara manual.

Namun upaya yang dilakukan tidak berhasil karena genangan air masih muncul lantaran drainase sirkuit juga buruk. "Itu terlalu berisiko untuk tetap menjalani kualifikasi. Tentu beberapa pembalap merasa kecewa, tapi bagi saya hal utama adalah keselamatan pembalap dan ini cukup sulit untuk diputuskan," terang Vinales seperti dikutip dari Autosport.

Rencana sesi pemanasan akan diperpanjang untuk memberikan kesempatan kepada pembalap memeriksa kondisi trek sebelum memulai balapan pembuka MotoGP 2017. Marc Marquez berharap agar cuaca ekstrem tidak lagi dirasakan pembalap sehingga para peserta bisa menjajal beberapa set-up dan ban dengan sangat baik.

"Saya berharap hujan normal, sehingga kami dapat menguji beberapa hal agar tampil baik selama balapan," sahut Marquez.

Baca juga:
Terancam Digelar Senin, Ini Jadwal Baru Race Day MotoGP Qatar

Pernyataan Komisi Keselamatan Soal Kualifikasi MotoGP Qatar Batal Digelar
Pembatalan Kualifikasi buat Rossi Kurang Beruntung
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5987 seconds (0.1#10.140)