Tim Basket Sahabat Semarang Ingin Maksimalkan Status Tuan Rumah

Minggu, 16 April 2017 - 20:10 WIB
Tim Basket Sahabat Semarang Ingin Maksimalkan Status Tuan Rumah
Tim Basket Sahabat Semarang Ingin Maksimalkan Status Tuan Rumah
A A A
SEMARANG - Perhelatan kompetisi basket putri tertinggi di Indonesia akan memasuki seri ketiga. Seri yang bertajuk Sahabat Wisma Sehati Cup 2017 ini bakal berlangsung di GOR Sahabat Semarang dari 17-22 April.

Sebagai tuan rumah, Sahabat Semarang langsung memasang target lebih demi mengamankan peluang mereka untuk tampil di babak empat besar. Meski di atas kertas skuat asuhan Xaverius Wiwid ini relatif aman bersama tim Surabaya Fever dan Merpati Bali, namun tetap saja ia ingin para pemainnya tampil lebih menggigit dibanding dua seri sebelumnya.

"Berkaca didua seri kemarin, kami telah melakukan evaluasi. Intinya Sahabat Semarang harus bermain lebih berani lagi dan harus tampil nekat saat melakukan penyerangan. Kemudian pertahanan kami harus kokoh seperti banteng. Apalagi kami bermain dirumah sendiri, harus memuaskan pendukung kami yang sudah jauh-jauh datang ke GOR Sahabat," kata Wiwid, sapaan akrabnya.

Pelatih yang juga mengantarkan tim basket Putri Jawa Tengah merebut medali emas PON XIX lalu juga menekankan bahwa sebenarnya Sahabat Semarang sudah mengalami grafik permainan yang meningkat. Ia menilai para pemain lapis kedua sudah mulai menyatu dengan pemain inti.

"Saya masih yakin tim ini bisa berbicara banyak, pun demikian pada babak final four mendatang. Beberapa pemain kami sebenarnya sudah semakin meningkat serta layak menjadi pemain inti seperti Dyah Lestari. Tinggal para pemain dilapangan mau atau tidak bermain lebih garang lagi dan nekat untuk meladeni lawan-lawannya," ujarnya.

Persiapan matang juga tengah dilakukan oleh tim kandidat juara musim ini, Surabaya Fever. Namun tim asal Kota Pahlawan tersebut masih punya kelemahan dalam urusan rebound.

"Pelatih menginstruksikan untuk memperbaiki urusan box out (posisi yang dilakukan oleh pemain bertahan ketika pemain lawan melakukan shooting) baik bertahan dan menyerang. Karena beberapa kali kita kalah gesit dengan lawan," ucap pemain Surabaya Fever, Gabriel Sophia.

Walau timnya telah memegang tiket babak empat besar, Peraih gelar MVP musim lalu ini tetap mengingatkan teman-temannya untuk mewaspadai setiap lawan, khususnya Merpati Bali yang dianggap sebagai ancaman kuat. Tidak hanya karena dihuni oleh para pemain muda, namun ia menilai tim kebanggaan warga Denpasar itu memiliki skuat yang seimbang antara pemain inti dan lapis keduanya. Selain itu tim tuan rumah Sahabat Semarang juga menjadi catatan yang tidak boleh diremehkan, karena corak permainannya dinilai hampir sama dengan gaya bermain timnya.
(bep)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6193 seconds (0.1#10.140)