Pebulu Tangkis Indonesia dengan Gelar Juara Asian Games Terbanyak di Semua Sektor

Jum'at, 22 September 2023 - 17:05 WIB
loading...
A A A
Menariknya, sampai saat ini Minarni tercatat sebagai satu-satunya pebulu tangkis Indonesia yang meraih gelar tunggal putri di ajang Asian Games.

Tak cuma sektor tunggal putri, sejatinya Minarni juga meraih gelar lainnya di Asian Games 1962. Dia menang di nomor perorangan ganda putri bersama Retno Kustijah dan nomor beregu bersama tim putri Indonesia.

3. Rexy Mainaky dan Ricky Subagja - Ganda Putra


Sektor ganda putra selalu menjadi andalan Indonesia di jagat bulu tangkis. Dari sekian kejuaraan, para atlet Indonesia juga banyak meraih gelar juara di ajang Asian Games.

Melihat deretannya, satu pasangan yang meraih gelar Asian Games terbanyak bagi Indonesia adalah Rexy Mainaky dan Ricky Subagja. Sepanjang keikutsertaannya, mereka telah mencatatkan dua kali juara.

Medali emas dari nomor perorangan ganda putra didapat Rexy Mainaky dan Ricky Subagja masing-masing pada tahun 1994 dan 1998.

Selain Rexy Mainaky dan Ricky Subagja, sejatinya masih ada nama lain yang pernah meraih gelar ganda putra Asian Games sebanyak dua kali, yakni Christian Hadinata (1978, 1982) dan Hendra Setiawan (2010, 2014). Hanya saja, mereka meraih gelar tersebut dengan masing-masing pasangan yang berbeda.

4. Minarni dan Retno Kustijah - Ganda Putri


Minarni dan Retno Kustijah menjadi peraih emas nomor ganda putri terbanyak Indonesia di ajang Asian Games. Mereka berhasil meraih gelar juara sebanyak dua kali.

Gelar ini dicatatkan Minarni dan Retno Kustijah pada tahun 1962 dan 1966. Setelah era mereka, baru pasangan Greysia Polii dan Nitya Maheswari yang juga berhasil mereka gelar Asian Games, namun baru sekali (2014).

5. Christian Hadinata dan Regina Masli/Ivana Lie - Ganda Campuran


Sepanjang keikutsertaannya dalam Asian Games, Indonesia sudah meraih dua medali emas dari nomor ganda campuran. Torehan ini dicatatkan masing-masing oleh pasangan Christian Hadinata dan Regina Masli tahun 1974 serta Christian Hadinata dan Ivana Lie pada 1982.

Itulah daftar pebulu tangkis Indonesia dengan gelar Asian Games terbanyak di semua sektor.

(yov)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4566 seconds (0.1#10.140)