Sempat Pimpin Lomba, Lorenzo: Saya Belum Bisa Geber Ducati dengan Benar

Senin, 05 Juni 2017 - 17:00 WIB
Sempat Pimpin Lomba, Lorenzo: Saya Belum Bisa Geber Ducati dengan Benar
Sempat Pimpin Lomba, Lorenzo: Saya Belum Bisa Geber Ducati dengan Benar
A A A
MUGELLO - Usai sesi latihan bebas Jumat (2/6), Jorge Lorenzo sempat mengatakan bahwa tim pabrikan Ducati bisa memenangkan lomba MotoGP Italia 2017, Minggu (4/6). Sesumbarnya menjadi kenyataan, tapi pemenangnya adalah rekan setimnya, Andrea Dovizioso.

Walau begitu, Lorenzo sempat tampil mengejutkan pada lomba MotoGP Italia 2017. Pada dua lap awal, ia bertarung hebat dengan dua pembalap tim Yamaha, Maverick Vinales serta Valentino Rossi, guna bergantian memimpin jalannya balapan. Namun setelah lap ketiga, perlahan-lahan posisi Lorenzo merosot ke belakang. Setelah bersusah payah selama lomba, ia akhirnya finis ke-8, satu posisi lebih buruk ketimbang posisi startnya.

“Permulaannya bagus. Di lap pertama, saya mendapat feeling bagus dari motor. Jadi saya memanfaatkan kecepatan Ducati untuk bertahan di antara para pembalap terdepan. Saya memimpin (lomba) dengan Ducati untuk pertama kalinya,” kata Lorenzo membuka pernyataan usai lomba seperti ditulis GPOne.

“Setelah itu kecepatan saya, bagaimanapun tidak cepat. Dengan suhu tinggi di lintasan, masalah saya meningkat. Saya tidak merasa nyaman dengan motor dan dalam kondisi seperti ini. Ada banyak perbedaan antara lap pertama saya dengan di akhir lomba. Saya kuat di lap pertama. Namun (Valentino) Rossi tidak membiarkan saya mencoba membuat jarak,” imbuhnya.
Salah satu momen start lomba MotoGP Italia 2017 di sirkuit Mugello. (Foto-LAT Images)
Secara spesifik, Lorenzo yang juga ikut senang dengan kemenangan Ducati via Dovizioso, menerangkan lebih spesifik lagi permasalahan yang dialaminya selama lomba MotoGP Italia 2017.

“Di sudut maksimum tikungan, saya tidak merasakan sisi aman yang saya cari dan tidak cepat. Marc (Marquez), (Johann) Zarco, dan Valentino (Rossi), memiliki kepercayaan diri lebih baik ketimbang saya,” ulas Lorenzo.

Pembalap 30 tahun itu menjelaskan lebih lanjut permasalahan yang membuatnya menderita selama lomba MotoGP Italia 2017: “Kami mencoba untuk melakukan penyesuaian langsung dan bukan hanya untuk memperbaiki masalah. Tetapi kami masih belum berhasil. Keuntungan dari bagian kedua tikungan, tidak mengkompensasi apa yang telah hilang dari bagian pertama tikungan. Saya bisa coba mengurangi masalahnya dengan mengerem sekuat mungkin, karena itu berhasil buat Dovi dan Petrucci. Namun saat ini saya tidak bisa, saya belum bisa mengendarai motor ini dengan benar.”

Lorenzo lalu bilang kalau motor Ducati sudah konstan di baris depan, tapi tentu saja masih harus menunggu kapan ia bisa menang. Apakah itu akan terjadi di MotoGP Catalunya 2017, Minggu (11/6)?

“Saya pikir, pekerjaan yang saya lakukan untuk menjadi kompetitif dapat dilihat, dan tim menyadarinya. Orang juga mengira saya merasakannya, tetapi Anda harus mengatakan bahwa saya mengubah metode kerja, dan itu tidak bisa dilakukan dari hari ini sampai besok (dalam waktu singkat),” ucap juara dunia MotoGP tiga kali itu.

“Dari Austin ke Mugello, motornya tidak mengalami perubahan (jika tidak soal trim atau detail baru). Ini hanya soal sirkuit, di Jerez saya menemukan diri saya oke, sedangkan di Mugello Dovi menemukan dirinya. Di Montmelo (Catalunya) segala hal masih bisa berubah, namun saya tidak bisa membuat prediksi meski kami melakukan tes di sana,” tukas Lorenzo.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4302 seconds (0.1#10.140)