Menpora Italia: Pelatihan Enggak Jaminan Pertandingan Serie A Bakal Dimulai

Kamis, 30 April 2020 - 09:59 WIB
loading...
Menpora Italia: Pelatihan Enggak Jaminan Pertandingan Serie A Bakal Dimulai
Menteri Olahraga Italia, Vincenzo Spadafora telah mengonfirmasi bahwa klub Serie A dapat memulai pelatihan pada 18 Mei mendatang. Namun begitu, bukan berarti musim 2019/2020 akan selesai.
A A A
ROMA - Menteri Olahraga Italia, Vincenzo Spadafora telah mengonfirmasi bahwa klub Serie A dapat memulai pelatihan pada 18 Mei mendatang. Namun begitu, bukan berarti musim 2019/2020 akan selesai.

Spadafora pun mendesak klub-klub Serie A untuk memikirkan rencana musim depan. Pernyataan itu merujuk dari keputusan Prancis untuk membatalkan Ligue 1 dan Ligue 2 musim 2019/2020. Menurutnya, bukan tidak mungkin Italia juga mengambil sikap yang serupa.

Akhir pekan lalu, klub-klub Serie A mendapatkan lampu hijau tentang masa depan kompetisi elite di Eropa setelah Perdana Menteri Giuseppe Conte mengumumkan seluruh tim olahraga profesional dapat melanjutkan pelatihan pada 18 Mei. Namun, dalam sebuah wawancara dengan LA7 pada Rabu (28/4) waktu setempat, Spadafora bersikeras bahwa ini tidak boleh dianggap sebagai indikasi bahwa pertengahan Juni kemungkinan akan dimulai kembali.

"Saya selalu mengatakan bahwa melanjutkan pelatihan benar-benar tidak berarti melanjutkan musim. Saya mengerti beberapa orang mengatakan 'tetapi itu membuat kita tidak pasti'. Jika kita tidak menginginkan ketidakpastian daripada kita harus mengikuti negara lain yang telah menutup segalanya," kata Spadafora dikutip dari BeinSports, Kamis (30/4).

"Sejujurnya, saya melihat jalan untuk memulai kembali Serie A semakin sempit. Melanjutkan pelatihan adalah tanda penting tetapi jika saya berada di antara presiden tim sepak bola, saya akan memikirkan musim depan. Ligue 1 dapat mendorong Italia dan negara-negara Eropa lainnya untuk mengikuti langkah itu."

Sekadar informasi, Badan pimpinan Lega Serie A dijadwalkan bakal menggelar pertemuan darurat untuk membahas nasib kompetisi pada Jumat (1/5). Spadafora berpesan bahwa semua orang harus memikirkan data kematian yang diakibatkan oleh virus corona ini.

"Saya tidak mencari risiko nol karena sayangnya kita tidak bisa mencari itu. Saya hanya meminta protokol yang diusulkan oleh federasi sepak bola Italia layak. Seebagai contoh, apakah kita yakin bahwa akan sangat mungkin untuk melakukan sejumlah tes yang diusulkan? Protokol juga berlaku untuk liga yang lebih rendah yang tidak memiliki sumber daya untuk menerapkannya."

"Saya tidak bisa mengatakan hari ini apakah musim akan berlanjut pada pertengahan Juni. Mulai sekarang hingga satu bulan setengah, jadi cukup waktu sehingga kita bisa berharap negara ini jauh lebih baik. Tetapi kita tidak bisa memiliki kepastian. Saya memohon kepada liga dan federasi untuk mulai memikirkan rencana B," pungkas Spadafora.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0968 seconds (0.1#10.140)