Menangi Grand Prix Jepang, Lewis Hamilton Diambang Gelar

Senin, 09 Oktober 2017 - 15:31 WIB
Menangi Grand Prix Jepang, Lewis Hamilton Diambang Gelar
Menangi Grand Prix Jepang, Lewis Hamilton Diambang Gelar
A A A
Pembalap Mercedes Lewis Hamilton semakin dekat dengan gelar juara dunia Formula One (F1) musim ini sekaligus keempat kalinya dalam karirnya. Kemenangan pada GP Jepang di Sirkuit Suzuka Internasional, Minggu (8/10/2017), membuat selisih angka dengan rivalnya, Sebastian Vettel kian jauh.

Hamilton yang memulai balapan dari pole potition, tampil luar biasa kali ini. Dia berhasil mempertahankan posisi hingga akhirnya menyentuh garis finis dengan tempo satu jam 27 menit 31,194 detik. Catatan itu lebih baik dari duo pembalap Red Bull Racing, Max Vertappen dan Daniel Ricciardo yang mengamankan podium kedua dan ketiga.

Bagi Hamiton, kemenangan ini menjadi yang keempat di Suzuka setelah sebelumnya berjaya pada 2007, 2014, dan 2015. Kemenangan itu sekaligus membuat posisnya semakin mantap di puncak klasemen F1 musim ini.

Pembalap Inggris Raya itu kini mengumpulkan 306 poin atau unggul 59 angka dari pembalap Ferrari Sebastian Vettel yang gagal menyelesaikan balapan akibat masalah mesin. “Saya hanya bisa bermimpi memiliki jarak di klasemen. Saya berutang segalanya kepada tim, mereka bekerja dengan teliti,” kata Hamilton dilansir BBC Sport.

“Kami memiliki penonton yang hebat minggu ini Anda selalu menjaga kami dengan baik dan dukungannya sangat besar. Jadi, saya bersyukur untuk itu,” sambungnya. (Baca juga: Hasil GP F1 Jepang 2017 dan Klasemen Pembalap, Minggu (8/10/2017) )

Meski begitu, Hamilton mengaku membutuhkan perjuangan keras untuk meraih kemenangan yang ke-61 sepanjang karirnya itu, khususnya di beberapa lap terakhir. Pasalnya, Vertappen tampil sangat cepat dan sempat membuatnya kesulitan untuk mempertahankan posisi. Namun, The Boss, julukan Hamilton, suskes mengamankan kemenangan di balapan tersebut.

Dia pun mengatakan jika keberhasilannya itu berkat kerja keras tim karena mampu memberikan mobil yang kuat selama 53 putaran di lintasan sepanjang 5.807 km itu. Namun, Hamilton juga meminta timnya agar bisa meningkatkannya lagi di empat balapan terakhir di musim ini.

“Tim melakukan pekerjaan yang luar biasa, Max (Verstappen) memiliki balapan yang luar biasa, itu sama sekali tidak mudah. Kami masih memiliki kesempatan dan itu tergantung pada apa yang terjadi di balapan berikutnya. Tapi secara keseluruhan tim berada dalam kondisi yang baik dan kami telah melangkah lebih jauh dari yang diperkirakan orang lain,” ujar Hamilton.

Yang jelas, Hamilton semakin dekat menjadi juara dunia untuk keempat kalinya setelah 2008, 2014, dan 2015. Bahkan, kesempatan itu bisa saja terjadi saat balapan di GP Amerika Serikat, 22 Oktober mendatang. Dengan catatan, pembalap berusia 32 tahun ini mampu merebut kemenangan dan Vettel yang merupakan pesaing utamanya menyelesaikan balapan di bawah posisi empat besar di Circuit of The Americas, Austin.

Sementara itu, Verstappen yang menjadi juara di GP Malaysia pekan sebelumnya, mengaku cukup puas dengan hasil balapan di Suzuka. Pembalap Belanda ini bahkan memiliki kesempatan untuk mendapatkan posisi yang lebih baik andaikan di laplap terakhir tidak terganggu Felipe Massa dan Fernando Alonso saat mencoba melakukan ovelap .

“Ini adalah hari yang menyenangkan lagi, saya sangat menyukai trek. Kami sangat senang melewatinya, saya benar-benar mencoba segalanya. Begitu kita beralih ke ban lunak (soft), kami benar-benar kompetitif,” ungkapnya.(Raikhul Amar)
(amm)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5876 seconds (0.1#10.140)