10 Pertarungan Tinju Paling Berkesan yang Guncang Jagat Tinju

Minggu, 17 Desember 2023 - 08:15 WIB
loading...
A A A
8) Pernell Whitaker D12 Julio Cesar Chavez - 10 September 1993
Di antara era Sugar Ray Leonard dan Oscar De La Hoya, ini adalah pertarungan super kelas welter utama dalam tinju. Sekitar 65.000 penggemar memadati Alamodome untuk melihat Whitaker mempertahankan takhta kelas welter lineal dan WBC melawan raja kelas ringan super WBC dan Chavez. Chavez terdaftar di 87-0. Mereka berada di urutan 1-2 di hampir setiap daftar pound-for-pound.



Ketika malam usai, juri memutuskan tidak ada pemenang. Dunia tidak sependapat dan Whitaker, setelah melukiskan sebuah mahakarya yang membuatnya mengakali, berpikir lebih jauh, dan mengalahkan Chavez, telah bergabung dalam barisan orang-orang terhebat sepanjang masa.

7) Jeff Fenech D12 Azumah Nelson - 28 Juni 1991
Banyak penggemar melihat kembali hubungan Showtime tahun 1990-an dengan Don King dan mengingat dengan penuh kasih kedalaman kartu bayar-per-tayang yang disediakan. Klasik ini adalah dukungan utama untuk pertandingan ulang Mike Tyson-Razor Ruddock yang bergemuruh.

Fenech telah memenangkan gelar di kelas bantam, kelas bulu junior, dan kelas bulu. Nelson adalah pemegang gelar juara WBC di kelas ringan junior. Selama dua belas ronde yang penuh kekerasan, Fenech menekan serangan dan membuat Nelson terus bekerja keras dan keluar dari sudut.

Di babak final, Fenech tampak membuat Nelson hampir tersingkir dan para juri membuat dia bertanya-tanya apakah itu yang dia perlukan untuk menang. Hasil imbang tersebut sangat kontroversial, sehingga memicu pertandingan ulang yang memberi Nelson kemenangan yang menentukan.

6) Evander Holyfield TKO10 Michael Dokes - 11 Maret 1989
Majalah Ring menamakannya pertarungan kelas berat terbaik tahun 1980-an. Mereka melakukannya dengan benar. Sebelum Holyfield menjadi andalan HBO pada paruh pertama tahun 1990-an, ia membangun dirinya dari kelas penjelajah ke kelas berat terutama di Showtime.

Pertarungan Dokes adalah malam dimana dia membuktikan bahwa dia adalah ancaman nyata bagi Tyson. Dokes, dalam perjalanan kembalinya, menang dan keduanya saling bertukar bom. Holyfield diguncang pada malam itu, menunjukkan kekuatan penyembuhan yang akan menjadi ciri khasnya, akhirnya menghentikan Dokes dengan serangan ganas yang diselingi dengan tangan kanannya yang berlari saat Dokes terjatuh ke tali.

5) Marvin Hagler KO11 John Mugabi - 10 Maret 1986
Itu adalah acara utama Showtime yang pertama. Hagler, raja kelas menengah, baru saja menyelesaikan KO yang menentukan kariernya atas Tommy Hearns. Mugabi memiliki rekor 25-0 dengan 25 KO. Selama lima ronde pertama, ini merupakan pertarungan sengit dengan kedua pria tersebut mendaratkan bom jahat dan masih tetap berdiri.

Di tengah jalan, Mugabi mulai memberi isyarat ke sudutnya bahwa dia tidak tahu apakah dia bisa melanjutkan. Mereka mendesaknya maju saat Hagler mengingatkan dunia betapa hebatnya dia, akhirnya menjatuhkan Mugabi di urutan kesebelas. Mugabi duduk, kelelahan, dan menyaksikan wasit Mills Lane menyelesaikan hitungan sepuluh. Dia tidak punya apa-apa lagi untuk diberikan malam itu setelah kedua pria itu memberikan semua yang mereka miliki.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3086 seconds (0.1#10.140)