Kisah Gila Rene Higuita: Kiper Jago Dribble Pemilik Scorpion Kick

Selasa, 16 Januari 2024 - 02:02 WIB
loading...
Kisah Gila Rene Higuita: Kiper Jago Dribble Pemilik Scorpion Kick
Penggemar sepak bola tentunya sudah tak asing mendengar nama Rene Higuita. Salah satu momen paling diingat dari kiper nyentrik asal Kolombia ini adalah aksinya ketika melakukan Scorpion Kick atau tendangan kalajengking / Foto: B/R Football
A A A
Penggemar sepak bola tentunya sudah tak asing mendengar nama Rene Higuita. Salah satu momen paling diingat dari kiper nyentrik asal Kolombia ini adalah aksinya ketika melakukan Scorpion Kick atau tendangan kalajengking.

Melihat ke belakang, aksi yang melegenda dalam sejarah sepak bola ini terjadi sekitar tahun 1995. Waktu itu, Higuita yang membela timnas Kolombia tampil dalam sebuah laga persahabatan melawan Inggris di Wembley.

Aksinya tersebut mendapat sorotan dari berbagai pihak, khususnya penggemar sepak bola. Sampai saat ini, kisahnya itu bahkan masih sering terdengar dan terus diperbincangkan.


Kisah Rene Higuita


Lahir di dekat Medellin, Kolombia, Higuita mengawali karier sepak bola dengan bergabung bersama tim lokal. Menariknya, ia tidak bermain untuk posisi penjaga gawang, melainkan sebagai striker.

Mengutip SportSkeeda, kisahnya menjadi seorang kiper bermula ketika penjaga gawang timnya cedera. Singkat cerita, Higuita dipilih menggantikannya dan langsung memakai sarung tangan.

Namun, di luar dugaan Higuita justru tampil apik sebagai kiper. Sejak saat itu, Higuita mulai mengubah posisinya secara permanen.



Pada sepak terjangnya, Higuita meraih era kejayaan saat berseragam Atletico Nacional. Ia sukses membawa klubnya meraih Copa Libertadores (1989) hingga Copa Interamericana (1990).

Penampilan fisik Higuita dengan rambut gondrong dan kumis lebatnya menggambarkan gaya permainan yang tak konvensional dan sering membuat jantung berdebar. Kendati seorang kiper, ia tak ragu menunjukan kepiawaiannya dalam menggiring bola dan mencetak gol. Tak heran, Higuita sendiri dijuluki ‘El Loco’ (Si Gila) oleh teman-temannya.

Terlepas dari sifatnya yang nyentrik, Higuita adalah sosok penjaga gawang yang revolusioner. Ia menjadi salah satu peletak dasar bagi seorang “sweeper-keeper” di era sepak bola modern.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2060 seconds (0.1#10.140)