alexametrics

Olahraga Karting Listrik akan Dipertandingkan di Olimpiade?

loading...
Olahraga Karting Listrik akan Dipertandingkan di Olimpiade?
Presiden Federasi Balap Internasional (FIA) Jean Todt menyampaikan rencana memasukan karting listrik dalam Olimpiade Pemuda di Argentina 2018. Foto: IST
A+ A-
MANILA - Presiden Federasi Balap Internasional (FIA) Jean Todt mengklaim pihaknya telah melakukan terobosan besar dalam upaya memasukan olahraga karting listrik atau e-karting ke Olimpiade Pemuda 2018 di Argentina.

Hal itu disampaikan Todt dalam konferensi olahraga tahunan keenam FIA di Manila, Filipina, Kamis (14/6/2018). Tahun ini, pertemuan itu mengangkat tema memajukan potensi olaraga balap motor.

"E-karting tidak hanya mewakili kesempatan baru dalam perkembangan olahraga balap. Tetapi juga menunjukkan bahwa dunia sedang berubah, kita sendiri yang perlu memimpin perubahan itu," kata Todt, dikutip Inside The Games.

"E-Karting akan diperkenalkan di Olimpiade Pemuda (Youth Olympic Games) di Buenos Aires. Hal ini menandai langkah signifikan bagi FIA," lanjut Todt.



Karting atau Kart adalah kendaraan dengan tempat duduk tunggal, tanpa penutup atau cockpit, tanpa suspensi dengan atau tanpa bodywork dengan 4 buah non Aligned Wheel yang bersentuhan dengan tanah dan 2 buah ban depan yang mengontrol arah, dan 2 buah ban belakang yang dihubungi oleh satu buah axle untuk mendistribusikan tenaga dari mesin.

Olahraga ini pertama kali dikenal di Indonesia pada tahun 1967 melalui Hengky Iriawan, gagasan pembuatan mesin gokart berasal dari beberapa mahasiswa ITB (Institut Tekhnologi Bandung).

Pada perkembangannya, olahraga karting meninggalkan bahan bakar dan beralih ke sumber tenaga dari listrik.
(sha)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak