alexametrics

Formula 1 2019

Charlie Whiting Meninggal Dunia

loading...
Charlie Whiting Meninggal Dunia
Kabar duka menyelimuti dunia balap. Direktur FIA Formula Satu, Charlie Whiting, meninggal pada usia ke-66 di Melbourne, Australia, Kamis (14/3/2019) pagi waktu setempat / Istimewa
A+ A-
MELBOURNE - Kabar duka menyelimuti dunia balap. Direktur FIA Formula Satu, Charlie Whiting, meninggal pada usia ke-66 di Melbourne, Australia, Kamis (14/3/2019) pagi waktu setempat. Dia menghembuskan nafas terakhirnya akibat penyakit emboli paru-paru.

Kabar mengejutkan ini datang empat hari sebelum pagelaran seri pembuka Formula 1 di Grand Prix Australia, akhir pekan ini. Pasalnya, ia dijadwalkan akan hadir dalam peresmian balapan pertama F1 musim ini.

Presiden FIA Jean Todt mengungkapkan kesedihan yang luar biasa tentang kabar meninggalnya Whiting. "Dengan kesedihan yang luar biasa saya mengetahui kematian Charlie. Charlie Whiting adalah Direktur Balap yang hebat, tokoh sentral dan tak ada bandingannya di Formula Satu yang mewujudkan etika dan semangat olahraga yang fantastis ini," kata Todd dikutip dari MotorsportWeek.



"Formula 1 telah kehilangan teman yang setia dan duta besar yang karismatik di Charlie. Semua pikiran saya, orang-orang dari FIA dan seluruh komunitas olahraga motor pergi ke keluarganya, teman-teman, dan semua pecinta Formula Satu."

Semasa hidupnya, Charlie Whiting memulai karier F1-nya pada tahun 1977 dengan tergabung di tim Hesketh. Dia telah menjadi bagian integral dari organisasi Kejuaraan Dunia Formula Satu FIA sejak dia bergabung dengan Federasi pada 1988, dan telah menjadi Direktur Balap sejak 1997.

Kepergian Charlie Whiting untuk selamanya telah meninggalkan lubang dalam organisasi di FIA. Karena selama ini dikenal sebagai orang yang tepat untuk tim dalam semua hal yang berkaitan dengan akhir pekan F1.

Sejauh ini FIA belum mengumumkan siapa yang akan menggantikan posisi Charlie Whiting.
(bbk)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak