alexametrics

Rangking Dunia BWF 4 Wakil Indonesia Ini Mengguncang Top 10

loading...
Rangking Dunia BWF 4 Wakil Indonesia Ini Mengguncang Top 10
Rangking Dunia BWF 4 Wakil Indonesia Ini Mengguncang Top 10/ Badminton Indonesia
A+ A-
KUALA LUMPUR - Peringkat dunia sejumlah pebulu tangkis Indonesia mengguncang rangking Top 10 BWF pasca Turnamen Singapura Terbuka 2019. Rangking tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting, ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dan ganda campuran Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja serta Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti merangsek ke Top 10.

Sukses Anthony menembus final Singapura Terbuka mengerek peringkatnya naik dua setrip ke posisi tujuh dunia BWF per 16 April. Anthony menjadi runner-up Singapura Terbuka setelah dikalahkan peringkat 1 dunia asal Jepang, Kento Momota, 10-21, 21-19, 21-13 di final.

Anthony mendapat tambahan 7.800 poin untuk mendongkrak peringkatnya ke peringkat tujuh dunia. Jawara China Open 2018 itu kini mengoleksi nilai 63,780 poin dari 19 turnamen yang diikutinya.



Satu tunggal putra Indonesia lainnya, Jonatan Christie harus turun satu tingkat ke posisi sembilan dunia BWF. Jojo –panggilan Jonatan Christie yang kandas di perempat final Singapura Terbuka mengoleksi 62,132 poin. Sedangkan Tommy Sugiarto anjlok ke posisi 14 dunia.

Kenaikan satu tingkat dialami ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang kini bertengger di posisi lima dunia BWF. Juara Swiss Open 2019 itu kini memiliki 70,515 poin dari 18 turnamen yang diikuti hingga April 2019.

Posisi Fajar/Rian mengancam rekan senegaranya, Muhammad Ahsan/Hendra Setiawan yang berada satu setrip di atasnya. Duet Hendra/Ahsan yang menjadi runner-up Singapura Terbuka 2019 mendapat tambahan 7.800 poin untuk menggenapi total poin rangking dunianya menjadi 71,660 dari 17 turnamen.

Posisi raja ganda putra masih dikuasai pasangan mini maksi Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. The Minions yang terus mengalami penurunan prestasi di sepanjang musim 2019 masih aman bertakhta di singgasanannya dengan koleksi nilai 101,683 poin dari 16 turnamen.

Dua ganda campuran Indonesia, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti juga mengalami kenaikan peringkat. Hafiz/Gloria yang menembus semifinal Singapura Terbuka naik dua tingkat ke posisi tujuh dunia BWF. Runner-up Jerman Open 2019 itu kini mengoleksi nilai 60,790poin dari 20 turnamen.

Ganda campuran Indonesia lainnya, Praveen/Melati naik satu tingkat ke posisi sembilan dunia dengan nilai 57,840 poin dari 19 turnamen. Runner-up India Open 2019 itu menjaga peluang lolos ke Olimpiade 2020.

Peringkat pertama ganda campuran masih menjadi milik pasangan China Zheng Siwei/Huang Yaqiong. Posisi kedua dunia juga diduduki ganda China lainnya, Wang Yilyu/Huang Dongping.
Selain tiga nomor di atas, tunggal putri dan ganda putri tidak mengalami kenaikan. Ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu masih aman di posisi kelima dunia BWF. Juara India Open 2019 itu masih nyaman di posisi kelima dunia dengan nilai 80,565 poin.

Peringkat pertama dunia ganda putri masih kukuh dikuasai pasangan Yuki Fukushima/Sayaka Hirota dari Jepang. Ganda putri Negeri Matahari Terbit saat ini menguasai tiga besar rangking dunia.

Di tunggal putri, tidak ada satu pun pemain Indonesia yang masuk 10 besar. Rangking terbaik dimiliki Gregoria Mariska Tunjung yang saat ini menempati peringkat 16 dunia. Rangking Gregoria terus menurun seiring prestasinya yang selal kandas di babak pertama. Gregoria kini mengoleksi 50,790 poin. Posisi pertama tunggal putri masih dikuasai pemain Taiwan Tai Tzu Ying.
(aww)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak