Berkelas, Xherdan Shaqiri Cetak 2 Rekor di Piala Eropa 2024

Jum'at, 21 Juni 2024 - 16:59 WIB
loading...
Berkelas, Xherdan Shaqiri Cetak 2 Rekor di Piala Eropa 2024
Gelandang Timnas Swiss Xherdan Shaqiri mencatatkan dua rekor pada pertandingan kedua Grup A melawan Skotlandia. Foto/The Sun
A A A
JERMAN - Gelandang serang Timnas Swiss Xherdan Shaqiri berhasil mencatatkan dua rekor pada pertandingan kedua Grup A melawan Skotlandia di RheinEnergieStadion, Kamis (20/6) dini hari WIB. Sayang mantan pemain Liverpool ini gagal membawa La Nati - julukan Timnas Swiss - meraih kemenangan pada laga tersebut.

Shaqiri tampil gemilang dengan menyumbang satu gol pada menit 26 melawan Skotlandia. Gol tersebut sekaligus menyelamatkan tim besutan Murat Yakin tertinggal lebih dulu melalui gol Scott McTominay pada menit ke-13.

Gol tersebut ternyata membuat Shaqiri mencatatkan dua rekor sekaligus. Gelandang Chichago Fire ini menjadi pemain pertama yang mencetak gol dalam enam turnamen besar (Piala Dunia dan Piala Eropa) secara beruntun.



Rekor ini dimulai saat Shaqiri berhasil menorehkan tiga gol pada gelaran Piala Dunia 2014 Brasil. Dua tahun berselang, tepatnya pada gelaran Piala Eropa 2016 Prancis, di mana penggawa 32 tahun tersebut sukses mencatatkan satu gol.

Catatan impresif Shaqiri berlanjut di Piala Dunia 2018 Rusia dengan mengemas satu gol. Pada Piala Eropa 2020 Inggris, pemain dengan tinggi 170 sentimeter tersebut mampu mencatatkan tiga gol.



Pada putaran final Piala Dunia 2022 Qatar, Shaqiri mampu mencetak satu gol saat membantu Swiss mengalahkan Serbia di babak penyisihan grup. Terakhir, pemain yang juga pernah berseragam Bayern Munich ini baru saja mencetak gol ke gawang Skotlandia di Piala Eropa 2024.

Selain catatan di atas, Shaqiri juga berhasil menorehkan rekor seusai laga melawan Skotlandia. Ia tercatat sebagai pemain MLS pertama yang mencetak gol di kompetisi Piala Eropa.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1026 seconds (0.1#10.140)
pixels